Sukses

Soal Bakal Cawapres untuk Capres Ganjar Pranowo, Sekjen PDIP: Sudah Dikerucutkan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, bakal cawapres untuk bakal capres Ganjar Pranowo akan diputuskan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan diputuskan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat, setelah berdialog dengan para ketua umum pengusung Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.

"Nama-nama yang muncul tidak terlepas dari berbagai survei obyektif yang muncul akhir-akhir ini," ujar Hasto dalam keterangannya, Sabtu (29/7/2023).

Saat ini, menurut dia, PDIP terus melakukan konsolidasi untuk memantapkan aspek-aspek strategis pemenangan Ganjar Pranowo yang akan melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

Sementara mengenai kerja sama politik yang mungkin dilakukan dengan Partai Golkar, Hasto menyebut komunikasi yang intens telah dilakukan, dengan dialog.

"Sehingga diharapkan melalui pertemuan antara Mas Airlangga dan Mbak Puan Maharani telah dibangun suatu kesepahaman bagi kerja sama kedua partai politik, yang memiliki rekam kerja kerja sama yang baik selama pemerintahan Pak Jokowi," jelas Hasto.

Sebelumnya, PDI Perjuangan akan menampung seluruh usulan nama calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo. Khususnya nama-nama yang diusulkan oleh partai yang bekerjasama dengan PDIP.

Saat ini yang secara resmi diusulkan partai koalisi adalah Sandiaga Uno dari PPP dan TGB Zainul Majdi dari Perindo.

"Jadi masing-masing partai itu memang mengusulkan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar dan kemudian akan didialogkan bersama-sama," kata Hasto di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat malam 28 Juli 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lima Nama Dipertimbangkan PDIP

Selain itu, PDIP juga mempertimbangkan nama-nama yang masuk lembaga survei. Sejumlah nama itu sebelumnya sudah disebutkan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Lima nama yang mengerucut untuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo disebutkan Puan adalah Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar dan Andika Perkasa.

"Survei itu juga melalui metodologi yang tepat bagi survei yang betul-betul dilakukan dengan seksama itu menjadi instrumen untuk memotret persepsi rakyat terhadap calon-calon wakil presiden yang mendampingi Pak Ganjar dan apa yang disampaikan oleh Mbak Puan Maharani merupakan representasi dari apa yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga survei dan aspirasi dari masyarakat," jelas Hasto.

PDIP juga terbuka dengan usulan Partai Golkar yang kini tengah membangun kerja sama. Golkar terbuka untuk mengusulkan nama Ridwan Kamil.

 

3 dari 3 halaman

Megawati Akan Berdialog dengan Ganjar dan Jokowi

Hasto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan berdialog dengan para ketua umum partai yang mengusung Ganjar. Serta Presiden Joko Widodo akan dilibatkan dalam proses memilih pendampin Ganjar Pranowo.

"Kita tunggu momentum ketika ibu Megawati Soekarnoputri berdialog dengan para ketua umum yang mengusung pak Ganjar sebagai calon presiden dan kemudian berdialog dengan presiden Jokowi sehingga nantinya akan diputuskan calon yang terbaik," ujarnya.

Megawati akan mengumumkan nama calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar pada momentum yang tepat.

"Tinggal sekarang dengan momentum yang tepat, mari doakan bersama-sama, Ibu Megawati akan menentukan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo untuk mencari cawapres yang tepat," ujar Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.