Sukses

Survei LSI Denny JA: Mayoritas Publik yang Setuju IKN Pilih Prabowo Sebagai Capres

Publik yang setuju pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai 47,3 persen. Sedangkan yang tidak setuju ada 43,7 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Publik yang setuju pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, sebagian besar memilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Hal itu tercatat dalam survei terbaru soal Pilpres 2024 yang dirilis oleh LSI Denny JA.

Publik yang setuju pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai 47,3 persen. Sedangkan yang tidak setuju ada 43,7 persen.

Dari publik yang setuju ibu kota pindah, sebesar 39,3 persen mengaku memilih Prabowo sebagai calon presiden. Sedangkan, bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dipilih 37,7 persen responden yang setuju ibu kota pindah.

Kemudian, publik yang setuju pindah ibu kota hanya 14 persen memilih bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

"Dalam segmen pemilih yang setuju pindah ibu kota, Prabowo menang," tulis rilis LSI Denny JA, Senin 10 Juli 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Publik Tak Setuju Ibu Kota Pindah Pilih Anies Sebagai Capres

Sedangkan, publik yang tidak setuju pindah ibu kota, pilihan capres tertingginya adalah Anies dengan angka 34,3 persen. Publik yang tidak setuju pemindahan ibu kota, memilih Ganjar di urutan kedua dengan angka 32,5 persen.

Sementara Prabowo paling bawah dipilih sebagai calon presiden oleh publik yang tidak setuju pemindahan ibu kota.

"Di Publik yang tak setuju pindah ibu kota, Anies menang," jelas LSI Denny JA.

Survei LSI Denny JA digelar pada 30 Mei-12 Juni 2023. Jumlah responden survei mencapai 1200 orang. Survei memiliki margin of error 2,9 persen.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.