Sukses

PDIP Sebut Jokowi Masuk Tim Sukses Ganjar, Begini Respons Demokrat dan Golkar

Presiden Joko Widodo disebut akan masuk dalam tim pemenangan bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Jokowi akan mengampanyekan Ganjar di pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo disebut akan masuk dalam tim pemenangan bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Jokowi akan mengampanyekan Ganjar Pranowo di pemilu 2024.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono, mengatakan tidak masalah Jokowi menjadi juru kampanye. Meski diakui ada di ranah abu-abu, namun kata Dave, Jokowi juga punya hak sebagai warga negara.

"Sulit saya menilai, tapi ya beliau sebagai presiden. Akan tetapi hak beliau juga sebagai warga negara," ujar Dave di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Dave mengaku belum mengetahui apakah Jokowi benr-benar bakal menjadi juru kampanye Ganjar Pranowo. Apalagi sampai saat ini struktur tim kampanye belum terbentuk.

"Kepengurusan tim kampanye juga belum terbentuk secara final. Jadi kita sabar aja dulu," kata Dave.

Sementara itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra berharap Jokowi mampu bersikap sebagai seorang negarawan.

"Kita berharap Presiden Joko Widodo bisa menjadi seorang negarawan," kata Herzaky kepada wartawan, Senin (3/7/2023).

Daripada berkampanye untuk kandidat presiden, Jokowi diminta fokus dengan tugasnya memimpin negara. "Fokus pada tugas dan tanggung jawab utamanya sebagai seorang presiden," ujar Herzaky.

Ia juga meminta Jokowi sebaiknya bisa berdiri di atas semua golongan. Tidak memihak satu orang pada pemilu 2024. "Bisa berdiri di atas semua," tegas Herzaky.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi akan Ikut Kampanye untuk Ganjar

Sebelumnya, politikus PDIP Adian Napitupulu yakin Presiden Jokowi mendukung penuh capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Adian mengatakan Jokowi juga akan menjadi bagian dari tim pemenangan Ganjar.

Menurut Adian, Jokowi bisa berkampanye buat Ganjar meski masih berstatus presiden, jika dilakukan dalam masa cuti.

"Undang-Undang Pemilu itu memungkinkan Presiden menjadi bagian dari tim kampanye, bahkan berkampanye kalau dia cuti," kata Adian saat berkunjung ke Museum Multatuli Rangkas Bitung didampingi oleh sejarawan Bonnie Triyana dan Ade Sumardi, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, Sabtu (1/7/2023)

Jokowi, kata Adian, masih menunggu waktu yang tepat untuk berkampanye memenangkan Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

"Kita lihat saja nanti saat kampanye, menurut saya Jokowi pasti berkampanye buat Ganjar ketika momentumnya tiba," ujar Adian.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.