Sukses

Erick Thohir Dinilai Jadi Figur Cawapres Idaman yang Merangkul Semua Parpol

Pengamat Politik UIN Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan menilai, Erick Thohir merupakan sosok cawapres yang sangat diterima oleh banyak parpol. Figur dengan banyak keunggulan mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapat dorongan kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Erick Thohir dinilai menjadi sosok yang mampu merangkul semua kekuatan partai politik (parpol).

Pengamat Politik UIN Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan menilai, Erick Thohir merupakan sosok cawapres yang sangat diterima oleh banyak parpol. Figur dengan banyak keunggulan mumpuni.

"Erick Thohir sebagai sosok lintas parpol memiliki peluang tersebut," kata Bakir.

Dengan Kondisi demikian, Bakir menyebut, semakin membuka peluang keterusungan Eks Presiden Inter Milan ini sebagai cawapres. Bahkan menjadikan Erick Thohir figur favorit semua kalangan masyarakat.

Hadirnya keunggulan tersebut, lanjut dia, tentu menjadi sebuah kelebihan bagi Erick Thohir untuk maju cawapres pada Pilpres mendatang. Menurutnya Erick Thohir cocok diusung oleh parpol yang belum mempunyai kandidat cawapres yang kuat.

"Sehingga partai yang belum memiliki sosok untuk ditawarkan dari internal partainyanya, mengajukan sosok lain yang dianggap memiliki efek insentif elektoral," terang Bakir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Elektabilitas

Di satu sisi, Erick Thohir menjadi sosok yang begitu konsisten tunjukkan peningkatan elektabilitas positif signifikan. Nama Erick Thohir konsisten tercatat berada di daftar posisi teratas.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 30 April - 5 Mei 2023, elektabilitas Erick Thohir sukses tempati daftar teratas. Pada simulasi lima nama, Erick Thohir berhasil meraih elektabilitas sebesar 18,8 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.