Sukses

Anies: Bagi yang Sekarang Bertugas, Jangan Khawatir, Tugasnya Akan Selesai Karena Itu Proses 5 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) koalisi perubahan Anies Baswedan menyinggung soal penyelenggaraan pemilu yang digelar setiap lima tahun. Dia menilai, dalam proses pemilu bukan hanya sekedar melanjutkan atau tidak program pemerintahan sebelumnya.

Dia mengibaratkan, sebuah regu yang tengah berjalan untuk mencapai sebuah tujuan. Ada interval waktu yang mengharuskan regu itu berhenti dan berganti dengan regu selanjutnya.

"Tiap interval waktu ditentukan juga siapa yang akan mengurus kelompok ini regu ini supaya berjalan sampai di tujuan itulah esensi mengapa kita menyelenggarakan pemilu 5 tahunan ini, bukan soal meneruskan atau tidak meneruskan yang dikerjakan kemarin ini soal mencapai tujuan bernegara," kata Anies, saat sambutan di agenda Bimtek dan Konsolidasi Fraksi PKS, Jakarta, Selasa (30/5) malam.

"Jadi pertanyaannya mau diteruskan atau tidak diteruskan persoalannya mau mencapai janji kemerdekaan itu dan itulah pegangan kita setiap waktu kita berhenti," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Kawal Pemilu

Lebih lanjut, dia menyebut proses penyelenggaraan pemilu harus dikawal dengan benar. Sebab, untuk mencapai sebuah kemenangan yang difokuskan tidak hanya bagi satu pihak, melainkan untuk kemenangan bagi bangsa Indonesia.

Jika, pada kepemimpinan sebelumnya terdapat jalan yang melenceng, maka sudah sepatutnya pemimpin selanjutnya kembali meluruskan.

"Jadi bagi yang sekarang sedang bertugas jangan pernah khawatir, karena memang tugasnya akan selesai itu adalah memang proses 5 tahunan," tegasnya.

"Seperti ketua regu akan selesai, nanti regu berikutnya ada dan kompasnya dipegang kekuasannya ada pada tangan rakyat bukan kepada tangan pemegang kewenangan itu pegang sama-sama," imbuh dia.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

Video Terkini