Sukses

Erick Thohir Miliki Basis Pemilih Kuat di Semua Kalangan Masyarakat

Krakteristik kepemimpinan Erick Thohir, papar dia, disukai banyak masyarakat lantaran hadirkan dampak positif besar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) yang miliki basis pemilih kuat disemua kalangan masyarakat. Terlihat dari tren elektabilitas Erick Thohir yang konsisten tunjukkan kenaikan sangat signifikan.

Berdasarkan hasil survei SPIN periode Mei 2023, Erick Thohir tempati di posisi pertama sebagai cawapres untuk Pilpres 2024. Eks Presiden Inter Milan ini meraih elektabilitas sebesar 18,2 persen.

Pengamat Politik dari Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatajan, Erick Thohir menjadi cawapres yang menjadi unggulan untuk Pilpres 2024. Basis pemilih Erick Thohir merata semua level masyarakat Tanah Air.

"Karena basis pemilihnya lebih fleksibel gitu. Itu sebabnya di menjadi cawapres unggulan," ucap Igor di kutip Sabtu (27/5/2023).

Dia melihat pemilih Erick Thohir memiliki basis pemilih yang berbeda latar belakangnya, hal demikian tentu membuat dirinya semakin dilirik banyak partai politik. Karenanya dapat diusung maju sebagai figur cawapres terkuat.

"Erick Thohir itu dia berda di tengah. Jadi antara pemilih nasionalis, lintas agama, milenial dan perkotaan itu," terang Igor.

Krakteristik kepemimpinan Erick Thohir, papar dia, disukai banyak masyarakat lantaran hadirkan dampak positif besar. Tidak mengherankan Erick Thohir begitu diterima oleh semua kalangan masyarakat.

Sementara itu, keunggulan Erick Thohir jelas terlihat sebagai seorang pemimpin masa depan. Sehingga sosok Erick Thohir sangat layak diusung sebagai cawapres pada Pilpres mendatang.

"Pak Erick Thohir lebih bisa diterima," pungkas Igor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Cawapres Terkuat

Pengamat Politik dari UIN Jakarta Zaki Mubarak mengatakan, menuju Pilpres 2024 Erick Thohir menjadi sosok yang terus menguat di masyarakat. Tingginya popularitas Erick Thohir bahkan ungguli Sandiaga Uno.

“Erick Thohir relatif punya dukungan kuat di masyarakat dibanding Sandiaga Uno,” kata Zaki dikutip Jumat (26/5/2023).

Situasi tersebut, dia menilai, tentu semakin menguatkan modal Erick Thohir maju sebagai cawapres. Selain daripada itu, juga menjadi bukti Eks Presiden Inter Milan ini sebagai pemimpin yang didambakan masyarakat.

Kondisi tersebut semakin menguat bila merujuk dari hasil temuan survei Poltracking Indonesia periode 5-19 April 2023. Elektabilitas Erick Thohir meningkat signifikan hingga mencapai angka sebesar 17,1 persen.

Hadirnya capaian tersebut, lanjut dia, tentu semakin membuka peluang besar hadirnya pinangan dari partai politik (parpol). Dia menilai karakteristik Erick Thohir sangat cocok mendampingi siapapun figur calon presidennya.

“Saya melihat potensi pak Erick Thohir lebih tinggi untuk bisa maju dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti sebagai cawapres dipasangkan di manapun,” terang Zaki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.