Sukses

Ziarah ke Makam Gus Dur, Prabowo Kenang Ucapannya Soal Orang Paling Ikhlas untuk Rakyat

Prabowo bersama para rombongan kemudian menuju area makam. Selama 30 menit mereka membaca tahlil dan diakhiri pembacaan doa secara khusyuk.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berziarah ke makam Presiden ke-4 Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu, 21 Mei 2023 kemarin.

Mengutip dari siaran pers diterima, kedatangan Prabowo  disambut meriah dengan lantunan salawat para santri.

"Assalamualaikum," kata Prabowo menyampaikan salam kedatangan, seperti dikutip Senin (22/5/2023).

Usai menjawab salam Prabowo, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin selaku pengasuh pondok pesantren Tebuireng langsung mengalungkan sorban putih ke leher pria yang juga menjabat sebagai menteri pertahanan tersebut sebagai ungkapan selamat datang.

Prabowo bersama para rombongan kemudian menuju area makam. Selama 30 menit mereka membaca tahlil dan diakhiri pembacaan doa secara khusyuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Tukang Pijit Gus Dur

Diketahui, Prabowo memiliki kedekatan dengan Gus Dur hingga diketahui sering menjadi tukang pijitnya Gus Dur.  

Adapun salah satu hal yang paling diingat publik terkait Gus Dur adalah pandangannya perihal Prabowo. Kala itu, ia menyebut Prabowo sebagai “orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia.”

"Kalau orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia itu Prabowo. Ya banyak lah yang menunjukkan betapa dia ikhlas betul kepada rakyat Indonesia," ungkap Gus Dur dalam sebuah siaran televisi nasional.

Selain makam Gus Dur, di area ini juga dimakamkan sejumlah tokoh nasional lain seperti KH Wahid Hasyim, KH Yusuf Hasyim, KH Hasyim Asy'ari dan KH Salahuddin Wahid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.