Sukses

Deklarasi Koalisi Perubahan Ditunda, Demokrat: Kami Mesti Perkuat Strategi

Liputan6.com, Jakarta Deklarasi bersama Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKS dan Demokrat yang direncanakan Rabu 22 Maret 2023 malam ditunda. Demokrat mengungkap alasan penundaan penandatanganan piagam Koalisi Perubahan.

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan pihaknya harus berhati-hati untuk melaksanakan deklarasi.

Menurut dia, ada pihak-pihak yang tidak menginginkan deklarasi Koalisi Perubahan terjadi. Sehingga, ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan yakni Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS, pun harus menyiapkan strategi.

"Kami juga mesti berhati benar dengan rencana deklarasi ini. Ada pihak-pihak yang tidak menginginkan ini terjadi," kata Herzaky, saat dihubungi Merdeka, Kamis (23/3/2023).

"Dengan segala cara berupaya pecah belah. Termasuk berupaya memainkan opini publik. Jadi, kami mesti perkuat prevention strategy terkait segala bentuk ancaman tadi," sambung dia.

Kendati demikian, Herzaky mengaku Partai Demokrat sudah siap jika harus melakukan deklarasi Koalisi Perubahan. Namun, hal itu tetap harus atas dasar kesepakatan bersama.

"Demokrat sudah siap. Hanya, keputusan apapun, semuanya berdasar konsensus bersama dan masih terus kita siapkan dan matangkan," lanjut Herzaky.

Tetap Dilakukan di Ramadhan 2023 

Meski demikian, Koalisi Perubahan memastikan akan tetap digelar dalam bulan Ramadhan 2023.

Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf mengatakan, Koalisi Perubahan sedang mencari waktu yang terbaik untuk deklarasi koalisi.

"Insyaallah kita cari waktu terbaik. Mudah-mudahan bisa Ramadhan ini," ujar dia kepada wartawan, Kamis (23/3/2023).

 

2 dari 2 halaman

Koalisi Perubahan Sinkronkan Waktu

Waktu deklarasi belum dapat dipastikan karena masih disinkronisasi tiga partai, serta jadwal bakal calon presiden di Pemilu 2024 Anies Baswedan. Maka belum dapat diungkapkan kapan deklarasi koalisi.

"Sedang kita sinkronkan waktunya dengan kegiatan yang sudah dibuat oleh masing-masing pimpinan partai dan capres," kata Muzzammil.

Sementara, Kepala Departemen Politik PKS Nabil Ahmad Fauzi mengatakan, jadwal deklarasi sedang dibahas Koalisi Perubahan. Akan dicari waktu yang terbaik untuk deklarasi.

"Menunggu waktu baik," jawab Nabil.

Sebelumnya, WhatsApp grup media ramai dengan pesan berantai, Rabu (22/3/2023) malam. Isinya menarik, undangan kehadiran acara deklarasi piagam Koalisi Perubahan Pukul 21.00 WIB.

Namun, satu jam kemudian, undangan yang tersebar atas nama Humas Koalisi Perubahan tersebut diralat. Isinya, pembatalan acara dengan alasan teknis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.