Sukses

Survei LSP: Elektabilitas Prabowo Subianto di Pemilu 2024 Masih Teratas

Lembaga penelitian Lingkaran Suara Publik (LSP) memotret tokoh-tokoh yang dianggap bisa atau berpeluang maju di Pemilu 2024. Salah satunya, melihat sejauh apa elektabilitasnya.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga penelitian Lingkaran Suara Publik (LSP) memotret tokoh-tokoh yang dianggap bisa atau berpeluang maju di Pemilu 2024. Salah satunya, melihat sejauh apa elektabilitasnya.

Dalam survei yang dilakukan 1-10 Maret 2023 ini, dalam pertanyataan tertutup menempatkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di posisi teratas dengan raihan 33,4 persen. Di bawahnya ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 21,2 persen.

"Pada pertanyaan elektabilitas survei menemukan bahwa Prabowo semakin meningkat elektabilitasnya. Ada 33,4% publik yang mengaku memilihnya bila pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini," kata Direktur eksekutif LSP, Indra Nuryadin, Minggu (19/3/2023).

Selain itu ada nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 20,4 persen di posisi ketiga.

Menurut Indra, ada sejumlah faktor suara Prabowo menguat. Misalnya, kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan. Kemudian, pengaruh dari sikap Presiden Joko Widodo yang sering mengajak Prabowo ke dalam kunjungan kerjanya.

"Endorsement Jokowi terhadap Prabowo semakin intens, terakhir Jokowi didampingi Prabowo melakukan kunker ke Kebumen didampingi juga Ganjar menimbulkan banyak spekulasi Pilpres dimana hal ini ditafsirkan akan menjadi pasangan Capres-Cawapres pilihan Jokowi," terangnya.

Faktor ketiga adalah penggalangan suara yang dilakukan oleh elemen relawan Jokowi, yakni Musyawarah Rakyat (Musra). Prabowo disebut telah ke dalam radar mereka, sehingga patut diduga adanya pergeseran pendukung Jokowi yang sebelumnya mengarah ke Ganjar Pranowo ke Prabowo Subianto.

"Bergesernya dukungan organ relawan Jokowi yang mendukung Ganjar ke Prabowo dan terakhir semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat dibasis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo," kata dia.

Berikut lengkap daftar para tokohnya:

  1. Prabowo Subianto 33,4%
  2. Ganjar Pranowo 21,2%
  3. Anies Baswedan 20,4%
  4. Ridwan Kamil 8,8%
  5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 6%
  6. Khofifah Indah Parawansa 1,8%
  7. Sandiaga Uno 1,4%
  8. Erick Thohir 1,4%
  9. Puan Maharani 1,3%
  10. Muhaimin Iskandar 1,1%
  11. Airlangga Hartarto 1%
  12. Mahfud Md 0,5%
  13. Andika Perkasa 0,3%
  14. Ahmad Heryawan 0,2%
  15. Lanyalla Mahmud Mattalitti 0,1%
  16. Belum menentukan pilihan 1,1%

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkait Survei LSP

Survei Lingkaran Suara Publik (LSP) dilakukan pada tanggal 1-10 Maret 2023 dengan 1230 responden dan margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden tersebar secara proporsional di 38 Provinsi dengan kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun keatas atau telah memiliki KTP.

Teknik sampel survei ini menggunakan multi-stage random sampling. Sementara pengumpulan data melalui wawancara tatap muka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.