Sukses

Umumkan Calon Pilkada Surabaya, PDIP: Semua Siap Bergerak

PDIP akan mengumumkan gelombang kelima pasangan calon (paslon) yang akan diusung di Pilkada 2020 secara telekonferensi, hari ini, salah satunya untuk Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan gelombang kelima pasangan calon (paslon) yang akan diusung di Pilkada 2020 secara telekonferensi, hari ini, salah satunya untuk Surabaya.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan pengarahan kepada para paslon. Sementara Ketua DPP Bidang Politik Mbak Puan Maharani akan membacakan daftar Pasangan Calon Kepala dan Wakil Kepala Daerah pada sejumlah Kabupaten/Kota, termasuk Kota Surabaya," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Rabu (2/9/2020).

Dia menyadari, Pilkada Surabaya banyak dinantikan. Namun, inilah bagian dari kejutan yang disiapkan PDIP.

"Paslon yang akan diusung partai adalah calon mumpuni. Dan partai siap bekerja sama dengan seluruh kekuatan politik guna menjaga kesinambungan kemajuan di Kota Surabaya," tutur Hasto.

Dia menuturkan, PDIP memberikan perhatian terhadap pilkada Surabaya dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Timur, mengingat kontribusi suara yang signifikan dalam memenangkan Pileg dan Pilpres tahun lalu.

"Hasil Pemilu tahun lalu di Jawa Timur menjadi modal bagi PDIP menghadapi sejumlah Pilkada di wilayah Jawa Timur. Intinya semua bergerak memenangkan paslon. Semangat ini juga ditanamkan di seluruh Pilkada Serentak 2020," ujar Hasto.

Dia menuturkan, belakangan terakhir, ada upaya yang terkesan mengeroyok PDIP dalam Pilkada Surabaya 2020 ini.

"Namun kami memiliki keyakinan masyarakat Surabaya mengapresiasi kerja dan program nyata yang telah dilaksanakan Pak Bambang DH yang kemudian diteruskan Ibu Risma dan akan dilanjutkan oleh paslon yang diputuskan," tutup Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilarang

Detik-detik menjelang pengumuman rekomendasi PDI Perjuangan untuk Pilkada Surabaya 2020, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini minta seluruh pendaftar calon wali kota tidak bepergian keluar kota.

"Para pendaftar sebaiknya standby di Kota Surabaya," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, Selasa (1/9/2020) malam.

Adi menyampaikan, pengumuman rekomendasi calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya, pengganti Wali Kota Tri Rismaharini, rencananya akan diumumkan oleh DPP PDI Perjuangan, Rabu (2/9/2020) pukul 14.00 WIB. Diumumkan secara daring dan disiarkan dari kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta.

Adi beserta Sekretaris DPC Baktiono bakal menyaksikan pengumuman itu di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Dia juga mengaku tidak mengetahui siapa yang bakal direkomendasi oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri.

"Pertama dan utama, saya sampaikan, hingga malam ini, kami sama sekali tidak tahu calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan direkomendasi. Pengumuman akan dibuka dari amplop tertutup, langsung oleh DPP. Jadi yang mengetahui hanya Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.