Sukses

Fokus pada Pasangan Jokowi-Muhaimin, PKB Lupakan Poros Ketiga?

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mendeklarasikan dukungannya kepada capres petahana, Joko Widodo atau Jokowi pada 10 April lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Usai mendeklarasikan pasangan Joko Widodo dan Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2019, hingga saat ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum tertarik untuk membahas kemungkinan bergabung dengan poros ketiga, jika poros ini terwujud.

Saat ini PKB masih fokus pada upaya terwujudnya pasangan Jokowi-Muhaimin (JOIN) sebagai kandidat capres-cawapres 2019.

"Sejauh ini kita fokus ke JOIN," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan, Selasa (24/4/2018), kepada Merdeka.com.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mendeklarasikan dukungannya kepada capres petahana, Joko Widodo atau Jokowi pada 10 April lalu. Dalam kesempatan itu, Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin juga mendeklarasikan dirinya sebagai cawapres Jokowi. Dia juga meresmikan posko JOIN (Jokowi-Muhaimin) di Tebet, Jakarta Selatan.

Guna mewujudkan pasangan JOIN, Daniel mengatakan, komunikasi politik dengan barisan parpol pengusung Jokowi terus dilakukan. Dalam waktu dekat, Muhaimin juga akan berkeliling silaturahmi dengan para ketua umum parpol yang telah menyatakan mendukung Jokowi seperti PDIP, Golkar, Hanura, PPP, dan NasDem.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Ketua Umum Partai

Cak Imin juga berencana bertemu langsung dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebelumnya pada 10 April lalu, Cak Imin bertemu Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Dalam waktu dekat Cak Imin akan keliling silaturahmi dengan ketum-ketum partai. Semua ketum partai," jelasnya.

Silaturahmi dengan para ketum partai tak hanya membahas soal Pilpres 2019, tapi juga persiapan pelaksanaan Pilkada serentak pada Juni mendatang.

"Karena ingin memastikan juga Pilkada dan Pilpres berjalan baik dan lancar," jelasnya.

Daniel menambahkan, PKB tetap membuka ruang komunikasi dengan parpol lain di luar koalisi pendukung Jokowi. Tapi komunikasi dilakukan untuk membahas persiapan Pilkada serentak dan Pilpres secara umum. Dengan harapan kontestasi politik tersebut dapat berjalan lancar dan kondusif.

"Kan Pilkada dan Pilpres (diikuti) semua partai. Agar Pilkada dan Pilpres berlangsung kondusif, berjalan baik dan lancar," jelas Daniel.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.