Sukses

Kapolri: Saya Jamin Polisi Netral di Pilkada Serentak

Badrodin mempersilakan penyelenggara dan pengawas pemilu untuk melaporkan jika di lapangan ditemukan ada anggotanya yang tidak netral.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Badrodin Haiti menjamin ‎setiap anggota polisi akan netral dalam pilkada serentak yang akan dimulai akhir tahun ini. Hal itu diungkapkannya saat penandatanganan kerja sama antara Polri bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan Agung.

"Kami sampaikan bahwa saya jamin netralitas anggota Polri dalam pilkada‎," ujar Badrodin dalam sambutannya saat penandatanganan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) kerja sama 3 lembaga itu di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Badrodin mempersilakan penyelenggara dan pengawas pemilu melaporkan jika di lapangan ditemukan ada anggotanya yang tidak netral. Sehingga oknum tersebut bisa langsung ditindak.

"Silakan pemantau kalau ada yang tidak netral bisa dilaporkan pelanggarannya," ucap Badrodin.

Badrodin juga berharap, setiap anggota penyelenggara dan pengawas pemilu dapat bersikap netral dalam pelaksanaan pilkada serentak . Hal ini demi terciptanya pilkada yang lebih bermartabat.

Begitu juga dengan potensi politisasi di kalangan birokrasi untuk kepentingan pihak tertentu dalam pilkada, Badrodin meminta semua pihak turut mengawasi.

"Saya harap penyelenggara dan Panwas untuk netral dan jaga agar pilkada lebih bermartabat. Di kalangan birokrasi, politisasi birokrasi tidak bisa dihindarkan untuk bisa kita jaga. Awasi supaya jangan sampai mengganggu pelaksanaan pilkada dicemari untuk keberpihakan," pungkas Badrodin. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.