Sukses

Mudik Pakai Mobil Lawas, Jangan Lupa Cek Komponen yang Sering Bermasalah

Bagi yang menggunakan mobil lawasnya untuk perjalanan jauh menuju ke kampung halaman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar roda empat kesayangan tidak menimbulkan masalah.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat yang melakukan mudik Lebaran, dan menggunakan mobil pribadi, tidak semuanya memiliki roda empat keluaran terbaru. Biasanya, ada saja masyarakat yang memilih untuk mengendarai mobil lawasnya bahkan yang sudah berusia 10 hingga 20 tahun.

Nah, bagi yang menggunakan mobil lawasnya untuk perjalanan jauh menuju ke kampung halaman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar roda empat kesayangan tidak menimbulkan masalah, seperti mogok yang justru akan menyusahkan pengemudi dan keluarganya.

Dijelaskan Irwansyah Siregar, manager of After Sales Strategy PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mobil lawas tentu saja butuh persiapan yang lebih ekstra dibanding mobil keluaran terbaru.

"Kalau secara treatment, sudah pasti lebih ekstra dibandi mobil baru. Ada dua komponen yang rentan bermasalah di mobil lawas," jelas Irwansyah, saat ditemui di Karawang, belum lama ini.

Kedua komponen yang rentan bermasalah tersebut, lanjut Irwan adalah pastinya yang bersifat fast moving, dan yang kedua adalah kaki-kaki.

"Kalau sektor mesin biasanya tetap melakukan perawatan rutin (pemilik), tapi kalau sektor pengereman, kaki-kaki, biasanya sudah mulai kurang dilakukan perawatan," jelas Irwan.

Sejatinya, komponen pengereman dan kaki-kaki memang menjadi hal lumrah yang harus diperhatikan untuk mobil-mobil lawas. Sehingga, sebelum digunakan untuk mudik atau balik Lebaran, ada baiknya dilakukan pemeriksaan ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layani Pemudik Lebaran 2024, Mitsubishi Siapkan 7 Titik Posko Siaga di Jawa dan Sumatera

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melanjutkan komitmennya untuk mendampingi perjalanan pelanggan pada masa mudik dan libur Lebaran 2024. Jenama asal Jepang ini, kembali menghadirkan Mitsubishi Motors Adventure Points di beberapa titik di jalur tol pulau Jawa dan Sumatera.

Program ini sendiri, merupakan bentuk terbaru dari layanan dan fasilitas Posko Siaga yang dihadirkan oleh Mitsubishi di tahun-tahun sebelumnya, untuk menemani para konsumen selama berkendara menuju dan dari kampung halamannya nanti.

Pada tahun ini, PT MMKSI menyediakan tujuh Mitsubishi Motors Adventure Points, yang tersebar di berbagai lokasi rute strategis di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, yang merupakan pusat konsentrasi aktivitas mudik tertinggi di Tanah Air, selama periode 4 hingga 15 April 2024.

"Kami ingin kembali berkontribusi, mendampingi, sekaligus memberikan pelayanan maksimal untuk para pengguna kendaraan Mitsubishi Motors yang merayakan Hari Idul Fitri bersama keluarga dan mobil kesayangannya, baik untuk pulang ke kampung halaman, ataupun untuk bersilaturahm," ujar Kazuto Azuma, Director of After Sales Division PT MMKSI, saat konferensi pers pembukaan Mitsubishi Motors Adventure Points, di Rest Area Km 57, Cikampek, Kamis (4/4/2024).

3 dari 3 halaman

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini