Sukses

Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600, Ini Bagian yang Bermasalah

Toyota Indonesia melakukan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan, terhadap dua model premium mereka, yakni Land Cruiser 300 dan Lexus LX600.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Indonesia melakukan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan, terhadap dua model premium mereka, yakni Land Cruiser 300 dan Lexus LX600. Adapun produk yang terdampak produksi Juli 2021 untuk LC300 dan produksi Januari 2022 sampai Januari 2024 untuk LX600.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf kepada pemilik Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 tahun produksi tertentu, atas ketidaknyamanan yang terjadi karena diimbau untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat," terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, dalam keterangan resminya, Rabu (20/3/2024).

Dirinya menuturkan, Toyota menemukan adanya potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10-speed kedua Premium Luxury SUV tersebut, sehingga wajib dilakukan perbaikan untuk mencegah munculnya kendala safety.

"Kami meminta pelanggan agar mengecek mobilnya apakah ada di dalam daftar recall dan berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk reprogamming ECU transmisi tanpa ada biaya apapun," katanya.

Toyota mengungkapkan ada kemungkinan masalah pada cakram kopling di dalam transmisi otomatis 10-percepatan kedua model tersebut.

Ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat, sehingga memungkinkan sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda.

Jika kondisi ini terjadi di permukaan datar, dan tidak menggunakan rem parkir, dapat membuat kedua SUV premium ini tetap bergerak secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah 6 km per jam. Risiko ini meningkatkan tabrakan bila tidak terdeteksi pengguna.

Nantinya, pihak bengkel resmi Toyota dan lexus akan melakukan pemeriksaan dan programmic ECU untuk mengendalikan transmisi otomatis tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Estimasi Durasi Pengerjaan

Disarankan pemilik kendaraan terdampak untuk melakukan booking service agar bengkel resmi dapat mempersiapkan kebutuhan penanganan recall.

Estimasi pengerjaan diperkirakan sekitar 30 menit tanpa mengganti parts apapun. Seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Untuk mengecek model Toyota yang perlu mendapat perbaikan bisa dilihat pada situs resmi https://toyota.astra.co.id/ssc maupun melalui layanan Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315.

Selain itu, bisa juga melalui Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500-315.

Sedang untuk model Lexus, bisa menghubungi Lexus Contact Center yang beroperasi 24 jam di nomer telepon +62-21390-9999 atau melalui WhatsApp di nomor +62-821-80-900-900.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini