Sukses

Kia Incar Pasar Elektrifikasi Lebih Luas dengan Mobil Listrik Murah

Setelah meluncurkan Kia EV9 beberapa waktu lalu, pabrikan asal Korea Setalan ini mengalihkan perhatiannya ke kendaraan listrik yang lebih terjangkau

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan Kia EV9 beberapa waktu lalu, pabrikan asal Korea Selatan, Kia, bakal mengalihkan perhatiannya ke kendaraan listrik yang lebih terjangkau. Jenama Negeri Ginseng ini kemungkinan besar akan menghadirkan model yang lebih kecil, seperti EV3 dan EV4.

Dilansir Carscoops, Kia telah menampilkan dua model baru tersebut dalam bentuk konsep akhir tahun lalu. Meskipun belum disebutkan berapa target harga yang dipatok perusahaan untuk model tersebut.

AutoPacific President, Ed Kim berpikir, Kia akan bijaksana dalam memberi harga sekitar US$ 35 ribu. Hal ini, akan membuka peluang bagi Kia untuk memasuki segmen baru di pasar kendaraan listrik, dan memberikan keunggulan dibandingkan para pesaingnya.

Kia EV3 diperkirakan akan mendarat akhir tahun ini, atau awal 2025. Sedangkan EV4 kemungkinan akan diluncurkan pada 2026.

Sementara itu, Kim menuturkan keyakinannya jika penurunan permintaan kendaraan listrik baru-baru ini disebabkan karena pasar sudah jenuh dengan kendaraan harga mewah, sehingga tidak terjangkau oleh kelas menengah.

"Jika produsen mobil dapat mendekati titik harga $34,000 dengan kendaraan listrik berukuran RAV4, hal ini akan sangat membantu dalam menjangkau konsumen tersebut,” kata Kim kepada Auto News.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesaing Kia EV3 dan EV4

"Untuk melanjutkan pertumbuhan Kia sebagai merek non-mewah, mereka perlu mengatasi bagian pasar yang mainstream, dan untungnya mereka hadir dengan EV3 dan EV4," tegasnya.

Kia EV3 dianggap sebagai versi miniatur dari EV9, dan EV4 adalah sedan bawah.

Jika EV3 dibanderol dengan harga sekitar US$35.000, maka model tersebut akan menjadi saingan langsung Chevrolet Equinox EV, sementara harga awal yang sama untuk EV4 akan memungkinkannya mengalahkan Tesla Model 3.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini