Sukses

Nissan Dikabarkan Setop Produksi R35 GT-R Setelah Model 2025, Bakal Jadi Akhir Eranya?

Sebelum akhiri produksi R35 GT-R, Nissan mungkin akan batasi produksi GT-R 2025 menjadi hanya 1.500 unit di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Nissan GT-R 2025 akan diumumkan minggu ini pada 14 Maret 2024. Nissan GT-R generasi R35 telah hadir sejak tahun 2007 dan menjadi supercar killer sejak lama.

Namun, menurut sebuah laporan insider yang dikutip oleh majalah Jepang MagX, R35 tidak akan bertahan lebih lama lagi. Model 2025 yang akan segera datang akan jadi versi terakhir dari R35 GT-R, sekaligus awal baru bagi GT-R.

Sumber insider yang dikutip majalah MagX tersebut mengungkapkan bahwa Nissan GT-R 2025 akan diluncurkan dalam jumlah produksi yang terbatas.

Volume penjualannya direncanakan hanya sekitar 1.500 unit, di mana sekitar 300 di antaranya diperkirakan adalah model Nismo.

Karena penjualannya yang terbatas tersebut, pihak insider tersebut memperkirakan bahwa metode pemesanannya akan berupa ruffle semacam sistem lotere atau bisa juga first come first served alias siapa cepat dia dapat.

Walau begitu, belum jelas apakah kuota ini terbatas untuk pasar Jepang atau secara global. Tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Nissan terkait volume penjualan GT-R 2025 mereka.

Yang paling mengejutkan, terungkap juga bahwa model 2025 ini akan menjadi versi terakhir dari GT-R. Dengan kata lain, ini adalah kesempatan terakhir untuk bisa mendapatkan R35 GT-R baru.

"Kami memutuskan untuk menghentikan produksi karena akan banyak suku cadang yang tidak dapat diproduksi lagi," kutip seorang insider dari perkataan pabrikan yang sedang menjelaskan kepada dealer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Depan Nissan GT-R

Detail mengenai model baru ini masih terbatas. Namun, mengingat model 2024 baru diluncurkan tepat setahun lalu dengan serangkaian perubahan tampilan seperti terdapat di bumper depan dan belakang serta sayap belakang, juga knalpot yang baru dikembangkan untuk memenuhi peraturan kebisingan eksternal, sepertinya tidak akan banyak perubahan kecuali beberapa penyesuaian kecil untuk model 2025.

Mesin V6 3,8 liter twin-turbo pada model 2024 yang menghasilkan 565 tenaga kuda dan torsi 632 Nm, serta peningkatan 600 hp dan torsi 651 Nm pada model Nismo mungkin akan dipertahankan.

Nissan R35 GT-R sempat menjadi mobil dengan performa mengungguli supercar paling cepat lainnya di sirkuit, walau dengan harga jauh lebih murah. Namun, selama 17 tahun terakhir, telah banyak supercar hingga hypercar dengan harga lebih baik memiliki performa dan tenaga mengungguli GT-R di pasaran.

Jika isu ini benar-benar akan mengakhiri era R35 GT-R di pasaran, Nissan akan tetap memperkenalkan pengganti R35. Namun, belum diketahui model R36 akan berwujud seperti apa.

Pada Japan Mobility Show 2023 akhir tahun lalu, Nissan memberikan konsep prototype dengan desain radikal dan futuristik.

Yaitu Nissan Hyper Force, mobil yang mirip dengan konsep GT-R, namun dengan motor listrik berkemampuan 1.341 tenaga kuda yang bermuka seperti hasil paduan gaya modifikasi Kaido Racer dan Bat Mobile.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.