Sukses

Target Ambisius Chery Jadi Merek Tiongkok Nomor 1 di Indonesia

Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI), Zeng Shuo bahkan menuturkan ambisi Chery yang mengincar status merek Tiongko nomor satu di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Chery memang terbilang merek baru di pasar otomotif nasional. Namun, pergerakan pabrikan asal China ini cukup agresif, mulai dari mendatangkan banyak line-up kendaraan, termasuk mobil listrik dan juga memperluas jaringan penjualannya di Indonesia.

Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Zeng Shuo menuturkan, Chery memiliki ambisi dengan mengincar status merek Tiongkok nomor satu di Tanah Air.

"Sekarang Chery di global market, di luar China tahun 2023 kami jual hampir 1 juta unit, belum termasuk pasar China. Itu membuat Chery 21 tahun menjadi nomor satu untuk merek China. Jadi, di luar China, Chery memimpin ekspor selama 21 tahun berturut-turut," jelas Zeng Shuo, saat ditemui di arena IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).

Lanjut Zeng Shuo, Chery sendiri di beberapa pasar dunia telah berhasil menjadi merek China nomor satu.

Sebagai contoh, di Malaysia, Chery mampu mengalahkan jenama lain, seperti BYD dengan catatan penjualan sebanyak 1.500 unit per bulan. Padahal, di Negeri Jiran tersebut, model listrik Omoda E5 belum resmi diluncurkan.

"Bulan mei, setelah Lebaran, kami akan bawa Omoda E5 ke Malaysia. Setelah itu launching, kami berharap bisa jual di atas 2.000 unit sebulan. Di Indonesia, kami punya rencana jual 1.000 unit tiap bulan," tegasnya.

Sebagai informasi, Chery Group berhasil menutup 2023 dengan penjualan sebesar 1.881.316 unit. Jumlah tersebut, bahkan naik sebesar 52,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pencapaian ini melampaui tingkat pertumbuhan industri dan menegaskan posisi Chery sebagai eksportir mobil penumpang teratas di China selama 21 tahun berturut-turut, dengan ekspor sebanyak 937.148 unit kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemesanan Chery Omoda E5 Tembus 200 Unit di IIMS 2024

Mobil listrik terbaru dari PT Chery Sales Indonesia (CSI), Omoda E5 mendapatkan sambutan yang cukup baik dari masyarakat.

Terbukti, pabrikan asal Cina ini, mengklaim telah mendapatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk model bertenaga baterainya tersebut, sebanyak 200 unit lebih.

"Pesanan (Chery Omdoa E5) sudah 200 unit lebih, sampai kemarin (Minggu, 18 Februari 2024). Itu hanya di IIMS saja," ujar Executive Vice President PT CSI Zeng Shuo saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Sebelumnya, Zeng juga mengatakan telah menambah jumlah kuota pemilik unit pertama Omoda E5 dari 1.000 unit menjadi 2.000 unit. Tambahan kuota sebanyak 1.000 unit dilatarbelakangi respon konsumen yang begitu positif.

Disebutkan, sejak diperkenalkan di GIIAS 2023 hingga penyelenggaraan IIMS 2024, pemesanan Omoda E5 telah mencapai 1.200 unit. Karena antusias inilah yang membuat Chery memutuskan untuk menambah kuota Omoda E5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.