Sukses

Cara Suzuki Cegah Oknum Sales Nakal Goreng Harga Jimny 5 Pintu

Suzuki Jimny 5 pintu resmi dijual PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Liputan6.com, Jakarta Suzuki Jimny 5 pintu resmi dijual PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Tak butuh waktu lama, model ikonik dari pabrikan berlambang huruf S ini, langsung jadi incaran konsumen Tanah Air, dengan mampu membukukan pemesanan hingga 1.200 unit.

Bahkan, fenomena lain terjadi, yaitu harga untuk Jimny 5 pintu ini digoreng oleh oknum tenaga penjual nakal, hingga tembus Rp 520 juta. Padahal, saat peluncuran, banderol untuk SUV legendaris asal Jepang ini, mulai dari Rp 465 juta sampai Rp 475,6 juta.

Menurut 4W Marketing Director PT SIS, Harold Donnel, pihaknya memang telah memberikan harga rekomendasi untuk Suzuki Jimny 5 pintu saat peluncuran, pada 15 Februari 2024 lalu. Banderol tersebut, bisa jadi acuan calon konsumen, yang memang berminat untuk memboyong model primadona Suzuki ini.

"Untuk meminimalisir hal tersebut (harga gorengan Suzuki Jimny 5 pintu) kami secara berkala menampilkan harga tersebut di layar LED di booth kami. Apabila konsumen sedang melakukan transaksi atau bertanya kepada tenaga penjual, itu bisa jadi acuan," jelas Harold, saat memberikan penjelasan terkait harga gorengan Suzuki Jimny 5 pintu ini, di arena IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2024).

Lanjut Harold, selain menampilkan rekomendasi harga retail untuk Jimny 5 pintu di layar LED di booth Suzuki IIMS 2024, calon konsumen juga bisa melihat langsung di website resmi Suzuki. Selain itu, Harold juga menjelaskan, adanya perbedaan harga Suzuki Jimny 5 pintu ini, memang murni adanya kesenjangan antarai suplai dan juga demand atau permintaan di pasar.

"Analisa kami, murni kesenjangan suplai dan demand. Bahkan, per hari Sabtu (17 Februari 2024) SPK Jimny 5 pintu sudah 1.200 unit. Sebelum kita launching 1.000 SPK, tiga hari tambah 200 SPK," tegas Harold.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mekanisme Pasar

Jadi, dengan adanya perbedaan yang cukup jauh antara suplai dan demand menjadikan mekanisme pasar seperti saat ini, yaitu adanya kenaikan harga untuk bisa mendapatkan unit lebih cepat.

"Perlu diketahui masyarakat umum, untuk bijak berdiskusi dengan tenaga penjual (terkait penjualan Suzuki Jimny)," tukasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini