Sukses

Susul Toyota, Daihatsu Juga Recall Xenia di Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga melakukan penarikan kembali untuk diperbaiki alias recall untuk all new Xenia tahun produksi tertentu

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga melakukan penarikan kembali untuk diperbaiki alias recall untuk all new Xenia tahun produksi tertentu. Hal tersebut, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara bagi para pemilik mobil asal Jepang ini di Indonesia.

Dalam kampanye perbaikan ini, Daihatsu akan melakukan pengecekan dan pengencangan Nut (mur) Shock Absorber depan all new Xenia produksi November 2021 hingga September 2023. Pengecekan dan pengencangannya akan berlangsung sekitar 30 menit.

Dalam kesempatan yang sama, di sebagian all new Xenia produksi November 2022 juga perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan Door Beam depan kanan. Pengecekan dan perbaikannya akan berlangsung sekitar 3–4 jam.

"Kami mengajak pelanggan yang kendaraannya masuk dalam daftar program ini untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat guna melakukan pengecekan dan perbaikan tanpa dipungut biaya apa pun. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujar Marketing Director & Corporate Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani, dari keterangan resminya, Selasa (13/2/2024)

Daihatsu secara aktif akan menghubungi pelanggan pemilik Daihatsu Xenia yang kendaraannya masuk dalam program ini.

Bagi para pelanggan yang ingin memastikan apakah kendaraannya menjadi bagian dalam program ini dapat mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka kendaraan milik pelanggan atau menghubungi call center di 1-500-898.

Pelanggan juga disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu dan datang ke bengkel resmi Daihatsu sesuai waktu yang telah ditentukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota Indonesia Recall Avanza, Veloz, Vios, Sienta, dan Yaris Cross, Ini Biang Keladinya

PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan kampanye penarikan kembali untuk diperbaiki alias recall untuk beberapa modelnya di Indonesia. Jumlah unit yang masuk daftar recall cukup banyak, mencapai 213.005 unit.

Sedangkan model yang terdampak recall ini merupakan kendaraan yang cukup banyak dibeli oleh konsumen Tanah Air, yaitu Avanza, Veloz, Vios, Sienta dan Yaris Cross.

Toyota Sienta yang direcall, merupakan tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020, yang harus melakukan pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A) di bengkel resmi Toyota terdekat.

Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric jika tidak segera ditingkatkan kekuatan sealer-nya.

Pada kesempatan yang sama, Toyota juga mengajak pemilik Avanza produksi November 2022 dan Veloz produksi November 2022 untuk melakukan perbaikan Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya.

Toyota melihat bahwa perangkat safety tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga kurang memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping jika tidak segera diperbaiki strukturnya.

Toyota menilai ada kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut yang ditemui pada Veloz produksi Oktober 2021 – Agustus 2023, Toyota Avanza produksi November 2021 – September 2023, Vios produksi Juni 2022 – Agustus 2023, dan Yaris Cross produksi Mei – September 2023.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.