Sukses

Mazda Pastikan CX-70 Baru Siap Mengaspal 30 Januari 2024

Mazda berencana untuk meluncurkan SUV terbarunya, CX-70 pada 30 Januari 2024. Model baru tersebut, awalnya akan diluncurkan 2023, namun ditunda hingga awal tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Mazda berencana untuk meluncurkan SUV terbarunya, CX-70 pada 30 Januari 2024. Model baru tersebut, awalnya akan diluncurkan 2023, namun ditunda hingga awal tahun ini.

Disitat dari Carscoops, konfirmasi akhir dari peluncuran model ini datang dari situs web Mazda Kanada, dan pertama kali ditemukan oleh pengguna bernama Reddit u/Mako3232.

Tidak ada rincian yang dibagikan mengenai model tersebut, namun dalam presentasi kepada investor, pabrikan mobil tersebut mengakui bahwa Mazda CX-70 adalah versi dua baris dari CX-90.

Selain itu, sepertinya konsumen juga akan mendapatkan beberapa pilihan mesin penggerak, seperti varian awal CX-90, yakni 6-silinder segaris turbocharged menghasilkan tenaga 280 dk dan torsi 450 Nm atau 340 dk dan torsi 500 Nm.

Kedua pilihan mesin tersebut, dapat digabungkan dengan sistem mild-hybrid (MHEV) yang dikembangkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Tidak hanya itu, SUV ini juga akan ditawarkan dengan sistem plug-in hybrid (PHEV) bermesin 2,5 liter, menghasilkan tenaga 323 dk dan torsi 500 Nm. Semua versi CX-70 diperkirakan memiliki penggerak semua roda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mazda Targetkan Pabriknya di Jepang Gunakan 75% Bahan Bakar Non-Fosil pada 2030

Merek mobil asal Jepang, Mazda berencana untuk mengurangi emisi CO2 sebesar 69% pada 2030 di seluruh pabrik Jepang, sebelum pada akhirnya mencapai netralitas karbon pada 2035.

Dilansir Carscoops, Mazda akan memperkenalkan energi terbarukan di seluruh pabriknya, dimulai dengan peralihan dari bahan bakar fosil ke amonia cair di pabrik Hiroshima, yang pada akhirnya Mazda berharap dapat mencapai rasio penggunaan bahan bakar non-fosil sebesar 75% pada 2030. 

Mazda akan mengganti bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan di dalam perusahaan dari diesel ke bahan bakar nabati generasi berikutnya. 

Dalam kasus-kasus di mana perpindahan ke sumber bahan bakar alternatif sulit dilakukan, Mazda akan mempromosikan pelestarian kehutanan dan penghutanan kembali untuk menyerap CO2 di wilayah Chugoku, Jepang, di antara area-area lainnya.

Mazda juga akan menyelidiki cara terbaik untuk mengurangi emisi CO2 dari pabrik-pabriknya di luar Jepang dengan menggunakan inisiatif netral karbon di Jepang sebagai model referensi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.