Sukses

SUV Peugeot Punya Fitur yang Membantu Saat Musim Hujan

SUV Peugeot seperti seri 5008, 3008, dan 2008 dilengkapi fitur-fitur yang dapat membantu berkendara dengan aman saat musim hujan. Dan fitur-fitur tersebut di antaranya

Liputan6.com, Jakarta - SUV Peugeot seperti seri 5008, 3008, dan 2008 dilengkapi fitur-fitur yang dapat membantu berkendara dengan aman saat musim hujan. Dan fitur-fitur tersebut di antaranya wiper otomatis, auto headlamp, advance grip control dan defrost control. 

"Semua fitur itu sangat mudah dioperasikan. Untuk Sensor Automatic Wiping dan Automatic Headlamp. Pengemudi cukup mengatur posisi saklar di tuas yang ada di balik setir. Pastikan diputar ke posisi otomatis saat mesin mobil sudah dinyalakan. Begitupun ESP dan AGC yang saklarnya ada di cockpit," papar Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot, dalam keterangan resmi via surel.

1. Sensor Automatic Wiping (SAW)

Fitur Sensor Automatic Wiping (SAW) merupakan peranti andalan dari generasi terbaru Peugeot. Adapun fungsinya yaitu mengaktifkan tuas wiper secara otomatis.

Terutama saat mobil terkena rintikan air hujan. Ia akan berfungsi menyeka air jika saklar wiper di tuas sebelah kiri kemudi sudah di posisi Auto.

Dengan fitur ini pengemudi tidak perlu lagi mengatur kecepatan wiper bila curah hujan semakin deras. Karena lewat SAW, kecepatan wiper sudah disesuaikan dengan curah hujan turun.

Termasuk juga kecepatan kendaraan saat melaju di bawah rintikan hujan. Alhasil jarak padang ke depan tetap baik.

2. Automatic Headlamp (AH) 

Pun begitu dengan fitur Automatic Headlamp (AH). Karena pada saat akan atau turun hujan. Intensitas cahaya di sekitar biasanya ikut berkurang. Sehingga dibutuhkan penerangan supaya jarak pandang pengemudi tidak terganggu.

Maka, dengan mengaktifkan saklar auto AH di tuas sebelah kanan, pada saat intensitas cahaya menurun atau redup, otomatis lampu nyala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Advanced Grip Control

Lalu Advanced Grip Control berfungsi untuk memberikan pilihan settingan mobil saat hendak melewati berbagai medan jalan yang akan dilalui.

Sedangkan fitur ESP membantu mobil saat melalui medan jalanan berat. Dengan kata lain, walau mengusung tipe two wheel drive diklaim memiliki kemampuan layaknya four wheel drive.

“Fungsi ESP untuk menjaga kestabilan kendaraan dari under atau oversteer. Sedangkan Advanced Grip Control merupakan optimisasi dari traction control dengan lima pilihan grip level. Di antaranya Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF. Grip level dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi dengan switch yang ada di tengah console dashboard,” Samsudin mengimbuhi. 

4. Defrost Control

Kemudian fitur pengaman saat hujan yang tidak boleh dilupakan yaitu Heated Windscreen serta Rear Screen Demist / Defrost Control. Fitur tambahan ini berfungsi menghilangkan embun di kaca mobil, baik depan maupun belakang.

Sebagian besar mobil produksi sekarang, fitur ini sudah menjadi standar wajib. Perannya penting guna mendukung visibilitas pengemudi.

Terutama ketika sedang melakukan perjalanan mudik saat cuaca hujan. Makanya Defrost Control terbagi dua yaitu bagian depan serta belakang.

Defrost Control depan menggunakan ventilasi udara yang disalurkan dari AC melalui kisi-kisi dashboard atas yang menghadap ke kaca depan.

Udara hangat dikeluarkan dari ventilasi mampu menghilangkan embun di kaca depan. Sedangkan di belakang sering dijumpai di kaca mobil terdapat garis-garis berwarna oranye.

Garis ini merupakan struktur tembaga, disematkan dalam kaca belakang. Selanjutnya bakal memanas ketika diaktifkan, sehingga permukaan menjadi hangat dan embun menempel segera menguap.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.