Sukses

VR46 Racing Team, Tim Balap Valentino Rossi yang Bikin Pertamina Lubricants Terpincut

Secara mengejutkan, Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama VR46 Racing Team untuk berlaga di MotoGP, kasta tertinggi balap motor di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Secara mengejutkan, Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama VR46 Racing Team untuk berlaga di MotoGP, kasta tertinggi balap motor di dunia. Perusahaan pelat merah itu mensponsori tim balap asal Italia selama tiga (3) musim mulai dari 2024 hingga 2026 dengan mengusung nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

VR46 Racing Team sendiri tergolong pendatang baru di kelas para raja. Namun penggawa di belakang tim ini bukan lah orang sembarangan, melainkan legenda hidup MotoGP, yakni Valentino Rossi.

Jauh sebelum VR46 Racing Team terbentuk, Valentino Rossi lebih dulu melahirkan VR46 Riders Academy pada 2013. Saat itu dirinya masih aktif balapan MotoGP.

Akademi ini lahir dari kegelisahan Rossi atas pembalap Spanyol yang mendominasi MotoGP. Tercatat, hanya dirinya lah pembalap Italia yang mampu menjuarai MotoGP pada musim 2008 dan 2009. Setelahnya, para pembalap Spanyol mendominasi, seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

"Gagasan di balik akademi VR46 adalah untuk membantu pembalap Italia mencapai level tertinggi dalam karir balapan. Kami tak hanya mencoba melahirkan pembalap cepat, tetapi juga memiliki sikap yang baik. Kami dirikan akademi ini dengan hati," ujar Rossi seperti dikutip dari roadracingworld.com.

Dan VR46 Ranch yang berada di Tavullia menjadi fasilitas latihan andalan akademi VR46. Di sini pembalap muda bertalenta ditempa, tak hanya skill dan fisiknya, tetapi juga psikologisnya.

Moto3 2014 pun menjadi kiprah perdana pembalap muda asuhan akademi VR46 di ajang resmi bersama Sky Racing Team by VR46. Hasilnya tidak lah buruk, karena Romano Fenati sebagai joki andalan berhasil mengunci peringkat 5 klasemen.

VR46 pun naik level dengan mengikuti ajang Moto2 pada 2017 dengan mengandalkan pembalap mudanya saat itu, Francesco Bagnaia. Setahun berselang, anak asuh Rossi itu menjadi juara dunia Moto2 2018.

Dan musim balap 2020 menjadi tahun paling manis bagi jebolan akademi VR46 karena Luca Marini dan Marco Bezzecchi berhasil menyegel gelar juara 1 dan 2 Moto2 bersama tim Sky Racing VR46.

Baru lah pada 2022, VR46 menjajaki balapan di kasta tertinggi, yakni MotoGP dengan mengusung nama tim Mooney VR46 Racing Team.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa Apik

Di musim perdananya di MotoGP, duet pembalap Luca Marini dan Marco Bezzecchi menampilkan performa cukup apik dengan menempati posisi delapan klasemen dari 12 tim yang bertarung.

Peningkatan performa terjadi saat MotoGP 2023. Marco Bezzecchi sebagai peraih gelar rookie terbaik MotoGP 2022, menempati posisi tiga klasemen di akhir balapan.

Dirinya tertinggal 138 poin dari Francesco Bagnaia yang menjadi juara dunia MotoGP 2023 sekaligus rekan Bezzecchi di akademi VR46.

 

Menatap musim balap 2024, VR46 yang mendapat suntikan dana dari Pertamina Lubricants, akan mengandalkan Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio. Sementara Luca Marini pindah ke tim Honda.

Penampilan Fabio Di Giannantonio yang apik di beberapa seri terakhir membuat Pertamina Enduro VR46 Racing Team optimistis menghadapi balapan di musim depan yang berlangsung sebanyak 22 seri.

"Kami melihat performa Fabio yang baik dan konsisten terutama di sisa akhir musim MotoGP 2023. Kami berharap ini mampu meningkatkan pencapaian Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team musim depan. Kami sangat antusias dan melangkah penuh optimisme di MotoGP musim depan bersama Fabio dan Marco," terang Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi keterangan resminya (7/12/2023).

Fabio Di Giannantonio yang akrab disapa Diggia mengaku sangat bangga dapat bergabung dengan tim VR46 MotoGP.

"Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk terus berkembang dan menunjukkan kemampuan saya. Bersama-sama, saya percaya kami dapat mencapai hal-hal besar dan membuat para fans kami bangga," kata pembalap asal Italia tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Tak Sabar Jalani Era Baru

Terkait kerjasama dengan Pertamina Lubricants, CEO VR46 Racing Gianluca Falcioni, mengaku senang bisa bekerjasama dengan perusahaan Indonesia. Dan menurutnya, VR46 Racing Team tak sabar memulai era baru bersama Pertamina Enduro di tahun depan.

"Kolaborasi ini sangat-sangat penting. Tentu saja ini kerjasama strategis dari VR46 dan Pertamina. Tak cuma sebagai brand, saya pikir juga sangat penting negara untuk memulai kerjasama ini," ujar Falcioni.

Dirinya menyebut, ini merupakan kali pertama pihaknya bekerjasama dengan perusahaan Indonesia dan merasa sangat senang, sangat bersemangat dan tak sabar untuk memulai kolaborasi. "Saya melihat banyak potensi dalam kerjasama ini," tambahnya.

Sementara itu, Allesio Salucci selaku Team Director VR46 Racing Team menyambut baik kerja sama yang baik ini sekaligus menjadi tonggak perjalanan penting dalam sejarah tim.

"Kami sangat merasa terhormat telah menjalin kerjasama dengan Pertamina Lubricants di dunia motorsport. Dengan sinergi baru ini, kami tidak hanya memiliki ambisi yang sejalan, tetapi juga menggabungkan dua fanbase terbesar dan paling setia di MotoGP," ungkapnya.

"Pada 2024, era baru dalam sejarah kami di MotoGP akan dimulai. Era ini akan menjadi sebuah petualangan yang penuh dengan kesuksesan" tambah sahabat Valentino Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.