Sukses

Cara Tepat Mengecek Keaslian Oli Motor Yamalube, Bisa Pakai Smartphone

Pemalsuan oli mesin sepeda motor masih sering terjadi di Indonesia. Para pemalsu oli ini biasanya memilih merek oli yang laris, sehingga tak heran jika ada yang membuat Yamalube tiruan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemalsuan oli mesin sepeda motor masih sering terjadi di Indonesia. Para pemalsu oli ini biasanya memilih merek oli yang laris, sehingga tak heran jika ada yang membuat Yamalube tiruan.

Oli palsu terkadang ditawarkan lebih murah dibanding harga pasaran. Namun, kandungan yang tidak sesuai dengan standardisasi berpotensi merusak mesin. Dilansir Oto.com, berikut 4 cara mudah mendapatkan oli Yamalube asli: 

1.   Membeli Langsung di Dealer Yamaha

Tentunya dealer resmi Yamaha menjual oli Yamalube asli. Setiap dealer memiliki distribusi suku cadang dan oli yang jelas dari mana sumbernya. Sehingga, Anda tidak perlu ragu jika membeli dari dealer resmi Yamaha.

2.   Membeli di Official Store Yamaha

Saat ini, Yamaha memiliki official store di situs e-commerce terpercaya yang menjual oli Yamalube asli. Sehingga, sama seperti membeli di dealer resmi, Anda tidak perlu khawatir ketika membeli oli Yamalube di official store Yamaha.

3.   Memeriksa Label

Oli Yamalube dikemas dengan label yang didesain sedemikian rupa agar sulit dipalsukan. Untuk membedakannya dengan oli palsu, pastikan label, logo, dan watermark tersebut masih baru. Selain itu, stiker label oli Yamalube tidak bisa ditempel kembali ke botol setelah dilepas.

Terdapat tulisan yang ada di balik label oli Yamalube, dan itu tidak mudah rusak karena tergores ataupun terhapus. Serta, pastikan juga jika tulisan yang ada pada oli Yamalube rapi, karena pada beberapa khusus oli motor yang palsu memiliki cetakan yang jelek dan tidak presisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4.   Mengecek Kode QR

Buat Anda yang belum tahu, cara termudah untuk mengecek keaslian oli Yamalube adalah melauli kode QR yang bisa dilihat dengan melepas stiker label depan. Di balik stiker label, kode QR tersebut dapat Anda pindai. Jika Anda scan dengan smartphone, maka diarahkan menuju ke situs resmi Yamalube (www.yamalubepromo.com).

Setelah itu cek validasi dengan menekan tombol warna merah bertuliskan “cek validasi”. Jika muncul centang hijau dengan tulisan “BERHASIL”, bisa dipastikan oli Yamalube tersebut asli. Sementara bila keluar silang merah atau bertuliskan “GAGAL” berarti oli Yamalube itu terindikasi palsu.

Teknologi ini sudah diterapkan pada seluruh jajaran produk oli Yamalube yang meliputi Super Matic, Power Matic, Matic, Gold, Silver, Super Sport, Sport, XP-50, 2-Stroke, dan juga RS4GP. 

Sebagai tambahan informasi, di bulan Desember ini kemasan oli Yamalube telah mendapatkan sentuhan penyegaran yang membuatnya terlihat lebih futurustik. Selain itu, kemasan baru tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuatnya lebih ramah lingkungan dan mudah untuk diidentifikasi keasliannya, melalui penerapan desain etnik serta motif biota laut pada kedua sisi botol dan pattern #oliaslidariyamaha yang kompleks.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.