Sukses

Cara Mencegah dan Membersihkan Karat pada Mobil

Salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh setiap pemilik mobil yaitu jika sudah muncul karat di bagian tertentu. Sebaiknya, Anda mengetahui berbagai cara menghilangkan karat pada mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang perlu diwaspadai setiap pemilik mobil yaitu jika sudah muncul karat di bagian tertentu. Sebaiknya, Anda mengetahui berbagai cara menghilangkan karat pada mobil.

Adanya proses oksidasi adalah penyebab terjadinya karat, sehingga hal ini perlu diatasi dengan baik sebelum kondisinya bertambah parah.

Sebenarnya, apa saja cara yang bisa menjadi solusi ampuh untuk masalah karat ini? Simak penjelasan selengkapnya di sini dan pastikan mobil Anda bisa lebih terhindar dari risiko korosi atau karat.

Masalah karat adalah hal yang sebaiknya tidak diabaikan, karena meski kadang hanya tampak  sedikit, namun jika dibiarkan bisa menjadi semakin parah. Jika sudah terlanjur ada bagian mobil yang berkarat, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti yang diberikan Suzuki Indonesia berikut ini:

1. Memberi Pelumas

Cara pertama yang bisa menjadi solusi untuk masalah karat adalah dengan memberikan pelumas pada bagian-bagian tertentu di mobil Anda.

Berikan pelumas untuk bagian engsel, karena ini biasanya bagian yang jarang mendapat perhatian karena lokasinya cukup tersembunyi.

Padahal, inilah salah satu bagian yang rawan berkarat, sehingga karat yang berasal dari bagian tersebut pun bisa merambat ke bagian lain.

2. Memanfaatkan Rust Remover

Cara menghilangkan karat pada mobil yang kedua yaitu dengan memanfaatkan rust remover. Ini adalah sejenis cairan penghilang karat yang bisa menjadi solusi terbaik untuk berbagai bagian mobil.

Terkait cara untuk menggunakannya, Anda bisa melihatnya secara lebih lengkap dari kemasannya, supaya tidak terjadi kesalahan pakai.

Jika Anda merasa ragu atau belum terbiasa untuk menggunakan cairan ini, maka ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel supaya pemakaian rust remover bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.

Dengan begitu, maka hasilnya pun akan lebih terjamin dan Anda tidak perlu khawatir dalam melakukan perawatan kendaraan yang satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Melakukan Pengamplasan dan Pengecatan Ulang

Jika kondisinya sudah parah, maka hal yang sebaiknya Anda lakukan yaitu mengamplas dan mengecat ulang mobil tersebut.

Untuk proses pengamplasan, Anda bisa memakai amplas manual. Selain itu, jika permukaan mobil terbilang halus, maka Anda bisa memanfaatkan sander dan grinder.

Pastikan untuk melakukan pengamplasan dengan baik supaya bisa melakukan pengecatan ulang dengan baik pula.

Namun, jika Anda merasa kurang mampu untuk melakukan hal ini, maka sebaiknya gunakan jasa tenaga ahli sehingga hasilnya bisa maksimal. Bawalah mobil Anda ke bengkel untuk pengamplasan dan pengecatan ulang.

4. Mencuci Mobil setelah Terkena Hujan

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah karat adalah dengan memperhatikan dengan baik perawatan mobil, salah satunya yaitu pentingnya mencuci mobil secara rutin.

Selain itu, pastikan juga Anda selalu mencuci mobil setelah terkena air hujan, karena itu bisa menjadi penyebab karat. Jika mobil sudah berkarat dan terkena air hujan lagi, maka risiko penyebaran karat pun akan menjadi semakin besar.

Seringkali, kondisi hujan memang tidak bisa dihindari, sehingga tidak apa jika Anda tetap berkendara di tengah kondisi hujan.

Namun, pastikan juga bahwa Anda selalu memperhatikan kondisi mobil Anda, jangan sampai dibiarkan kotor terlalu lama setelah dipakai.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini