Sukses

Pemilik Mobil Wajib Tahu, Berikut 3 Penyebab Engine Mounting Cepat Rusak

Engine mounting atau yang sering disebut juga sebagai "bushing mesin" adalah komponen krusial dalam sistem suspensi mobil yang bertugas untuk menjaga mesin tetap terpasang dengan kokoh pada rangka mobil. Pasalnya mesin mobil adalah salah satu komponen terberat dalam sebuah kendaraan dan engine mounting berfungsi sebagai penghubung vital antara mesin dengan kerangka mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Engine mounting atau yang sering disebut juga sebagai "bushing mesin" adalah komponen krusial dalam sistem suspensi mobil yang bertugas untuk menjaga mesin tetap terpasang dengan kokoh pada rangka mobil. Pasalnya mesin mobil adalah salah satu komponen terberat dalam sebuah kendaraan dan engine mounting berfungsi sebagai penghubung vital antara mesin dengan kerangka mobil. 

Biasanya engine mounting terbuat dari bahan karet kuat dan elastis yang dirancang untuk menahan berat mesin dan menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin saat mobil bergerak. Fungsi utama dari engine mounting ialah menjaga posisi mesin agar tetap stabil dan mencegah pergeseran yang tidak diinginkan. 

Selain itu engine mounting juga berperan penting dalam menyerap getaran ini agar tidak merambat ke seluruh mobil agar pengemudi dan penumpang tetap merasakan kenyamanan saat berkendara.

Mengendarai mobil hanya satu bagian saja dari hak dan kewajiban para pemilik mobil. Jangan lupa bahwa para pemilik mobil masih harus melakukan perawatan dan pemeliharaan yang diperlukan. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah memahami apa yang menyebabkan engine mounting rusak. Berikut adalah 3 penyebab engine mounting cepat rusak yang diberikan oleh Auto2000.

1. Penggunaan yang Berlebihan

Salah satu penyebab utama kerusakan engine mounting ialah penggunaan yang berlebihan. Mengemudi dengan gaya agresif seperti sering memuat berat yang melebihi kapasitas mobil, jelas dapat memicu kerusakan engine mounting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kondisi Jalan yang Buruk

Kondisi jalan yang buruk dengan banyak lubang dan gundukan juga dapat merusak engine mounting. Getaran yang kuat akibat melintasi jalan yang buruk dapat mengakibatkan keausan engine mounting lebih cepat.

3. Kualitas Engine Mounting yang Buruk

Kualitas engine mounting yang buruk atau komponen yang sudah tua dan aus juga bisa menjadi penyebab kerusakan. Seiring waktu, bahan karet pada engine mounting bisa mengalami perubahan struktural dan kehilangan elastisitasnya.

Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel secara berkala agar penggantian mesin yang aus bisa dilakukan tepat waktu dan tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan suatu saat nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini