Sukses

Memahami Makna Warna Asap Hitam atau Putih dari Knalpot Sepeda Motor

Sepeda motor yang kurang mendapat perawatan yang baik, biasanya akan timbul beberapa masalah

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor yang kurang mendapat perawatan yang baik, biasanya akan timbul beberapa masalah. Salah satunya, adalah warna asap yang keluar dari knalpot dengan warna hitam atau putih.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, untuk roda dua empat tak yang mengeluarkan asap warna putih, berarti ada masalah di oli mesin. Sedangkan warna hitam, identik dengan pembakaran bahan bakar yang tak normal.

Asap hitam biasanya karena terjadi karena setelan semburan bahan bakar yang tidak sempurna sehingga terlalu boros. Lalu, asap putih penyebabnya oli mesin tercampur dengan bahan bakar saat proses pembakaran karena oil seal klep bocor.

Untuk penanganan asap knalpot berwarna hitam, perlu dilakukan pengecekan terhadap sistem pembakaran seperti busi, saringan udara, dan injektor.

Sementara asap putih karena oil seal klep bocor harus dilakukan penggantian suku cadang. Jika dibiarkan oli mesin bisa habis dan membuat ring piston, seal klep, dan seher baret.

Jika keluar asap putih perlu segera cek busi motor, kalau kering biasanya knalpot kotor dengan oli dan mesin tidak bermasalah. Kalau basah kemungkinan besar penyebabnya oil seal klep bocor harus mengganti komponen tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Sembarangan Modifikasi Knalpot Sepeda Motor, Ini Alasannya

Knalpot menjadi salah satu komponen yang cukup penting di sistem kendaraan bermotor. Memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran, mengurangi emisi gas buang yang dikeluarkan oleh mesin pembakaran internal, dan sebagai peredam bising dari sistem pembuangan kendaraan, knalpot sejatinya jangan dilakukan modifikasi sembarangan.

Pasalnya, saat ini banyak ditemui di jalan, beragam motor knalpotnya telah dimodifikasi menjadi tidak standar. Tujuannya adalah agar performa yang dihasilkan kendaraan menjadi lebih optimal, serta untuk membuat suara kendaraan menjadi lebih gahar atau sporty.

Biasanya yang dipasang adalah knalpot racing, yang memiliki karakteristik berupa suara yang lebih meledak-ledak dan kencang.

Penggantian knalpot standar pabrikan ke knalpot racing sesunguhnya tidak dianjurkan, karena knalpot standar sudah dirancang sesuai spesifikasi kendaraan dan regulasi yang diatur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini