Sukses

Panduan Lengkap Merawat Interior Mobil, Jangan Sampai Salah

Interior mobil adalah bagian dari kendaraan bermotor yang terletak di dalam kabin. Ini mencakup semua komponen, permukaan, dan fitur yang ada di dalam kendaraan dan dirancang untuk memberikan kenyamanan, fungsionalitas, dan estetika bagi pengemudi dan penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Interior mobil adalah bagian dari kendaraan bermotor yang terletak di dalam kabin. Ini mencakup semua komponen, permukaan, dan fitur yang ada di dalam kendaraan dan dirancang untuk memberikan kenyamanan, fungsionalitas, dan estetika bagi pengemudi dan penumpang.

Terkadang, orang banyak yang tidak melakukan perawatan mobil khususnya interior karena dianggap di dalam mobil tidak ada kontaminasi udara dari luar yang menyebabkan kotor. Padahal jika lebih diteliti lagi, debu-debu kecil banyak yang hinggap di karpet dan sela sela interior mobil.

Berikut ini beberapa cara merawat yang benar oleh Suzuki Indonesia untuk kita ikuti dengan mudah. 

1. Membersihkan Plafon Mobil 

Plafon mobil dibuat dilapisi dengan berbagai jenis bahan seperti beludru atau fabric. Masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Jika plafon menggunakan bahan jenis fabric, maka kita harus menggunakan bahan pembersih interior mobil khusus. 

Bahan pembersih juga tidak langsung disemprotkan melainkan menggunakan kain yang seratnya halus. Baru gunakan untuk lap seluruh area plafon secara searah. kita bisa menggosok secara perlahan sampai debu dan kotoran menghilang. 

Sedangkan untuk plafon berbahan beludru kita perlu menggunakan air terlebih dahulu. Gosok plafon perlahan dengan kain lap yang dibasahi air sampai bersih.

2. Merawat Jok Mobil

Bagian yang paling sering digunakan dan perlu perawatan lebih rutin lagi adala jok mobil. Sama seperti plafon, bahan lapisan jok bisa berbeda-beda sehingga cara membersihkannya pun lain. Ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk membersihkannya. 

Pertama kita bisa membersihkan dengan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Kemudian manfaatkan mesin vakum supaya debu dan kotoran di sela-sela jok dapat terangkat. 

Apabila bagian jok terdapat noda kita harus membersihkan dengan cairan sabun kemudian menggosok perlahan dan keringkan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika jok menggunakan lapisan vinyl. Kemudian untuk jok kulit harus dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus. Hindari membersihkan jok kulit dengan air deterjen karena akan merusaknya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membersihkan Dashboard

Dashboard menjadi komponen penting dalam kabin yang akan menutup area mesin dan berbagai macam kabel sekaligus menyediakan ruang penyimpanan. Meskipun dashboard kita berwarna hitam, namun kotoran bisa saja menempel. 

Untungnya cara merawat interior mobil khusus bagian dashboard ini tidak terlalu sulit. Untuk debu kering kita bisa membersihkannya dengan kemoceng. Jika terdapat kotoran yang berkerak bisa dibersihkan dengan kain lap yang dibasahi air hangat. 

4. Membersihkan Kaca Jendela Luar Dalam

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah untuk bagian kaca. Baik itu kaca depan, samping, bagian luar dan dalamnya harus terus dijaga kebersihannya. Kaca harus dalam kondisi kinclong khususnya bagian depan. 

Dampaknya sangat besar untuk penglihatan pengemudi, jadi jangan biarkan kaca tergores apalagi sampai buram. Cara membersihkannya bisa menggunakan air dan juga kain lap. Khusus bagian depan kita bisa membersihkannya ketika mencuci mobil. 

Sedangkan bagian dalam kita bisa mengelap dengan cairan khusus pembersih kaca. Gunakan juga kain yang halus sehingga tidak menimbulkan goresan yang merusak kaca. Cek juga apakah wiper bekerja dengan baik dan air wiper dapat membersihkan kaca depan. 

5. Membersihkan Pijakan Kaki dan Karpet

Tak ketinggalan juga, bagian yang mungkin saja kita jarang bersihkan yaitu area karpet yang menjadi pijakan kaki serta pedal di tempat pengemudi. Area ini akan sangat kotor ketika mesin hujan tiba. 

Pertama kita perlu melepas karpet kemudian mencucinya secara terpisah. Gunakan air dan sabun untuk menghilangkan semua lumpur yang berkerak. Kemudian pada bagian bawah karpet gunakan mesin vakum untuk menyedot semua debu bahkan kerikil. 

Jangan lupa juga untuk membersihkan pedal di tempat pengemudi. Gunakan sikat gigi sebelum kita menggunakan mesin vakum. Sikat area yang berkerak sampai bersih kemudian keringkan. Baru setelah itu pasang kembali karpet yang sudah kering. 

 

3 dari 3 halaman

6. Membersihkan Lubang Ventilasi AC

Cara merawat interior mobil yang juga tidak boleh dilewatkan adalah bagian lubang ventilasi AC. Pada saat kita membersihkan dashboard tentu ventilasi AC di bagian depan juga harus ikut dibersihkan. Ventilasi AC yang kotor dapat menyebarkan virus dan bakteri jika tidak dijaga kebersihannya. 

Cara membersihkan lubang ventilasi AC bisa menggunakan kemoceng. Bisa juga menggunakan kanebo yang yang telah dibasahi dan diperas. Tujuannya agar kotoran yang berkerak dapat terangkat.

7. Menyediakan Tempat Sampah Mini 

Cara merawat interior mobil bukan hanya membersihkan setiap bagian tetapi juga bagaimana kita menggunakannya. Selama kita berkendara siapkan tong sampah mini agar sampah dalam kabin terorganisir dengan baik. 

Kita pun tidak kesulitan membuang sampah baik itu dibuang ke jalanan atau ditumpuk di dalam kabin bahkan hanya dibuang di atas karpet. Sampah yang tidak dibuang dengan baik dapat menjadi sumber bau nantinya. 

8. Menyediakan Pengharum Mobil 

Perawatan interior mobil juga perlu dengan menjaga agar kabin tetap harum. Caranya sangat mudah, kita bisa memberikan pengharum khusus mobil. Saat ini pengharum ruang mobil dijual di banyak tempat. 

Tinggal pilih saja mana wangi yang paling kita sukai. Letakkan pewangi ini di atas dashboard atau digantung di kaca spion dalam. Gantilah pengharum mobil ini ketika sudah tidak lagi mengeluarkan aroma yang wangi. 

Cara merawat interior mobil yang benar harus senantiasa dilakukan dengan benar. Jangan sampai salah menggunakan cairan pembersih agar komponen seperti jok, dashboard, plafon tetap dalam kondisi baik. 

Ketika kita mengabaikan hal ini kerugian tentu akan dirasakan. Kerusakan yang terjadi pada bagian interior mobil membutuhkan perbaikan yang cukup mahal. Jadi pastikan bahwa kita sudah rutin membersihkannya dengan baik dan benar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini