Sukses

3 Cara Mudah Mencegah Mika Lampu Mobil Menguning, Bisa Dikerjakan Sendiri

Lampu mobil adalah komponen penting dari kendaraan bermotor yang digunakan untuk memberikan pencahayaan saat berkendara pada kondisi gelap, seperti di malam hari atau dalam cuaca buruk. Ada beberapa jenis lampu mobil yang berbeda, dan masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Lampu mobil adalah komponen penting dari kendaraan bermotor yang digunakan untuk memberikan pencahayaan saat berkendara pada kondisi gelap, seperti di malam hari atau dalam cuaca buruk. Ada beberapa jenis lampu mobil yang berbeda, dan masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan tertentu. 

Mika lampu mobil adalah material transparan atau semi-transparan yang digunakan untuk menutupi lampu pada kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor. Fungsi utama dari mika lampu mobil adalah untuk melindungi sumber cahaya di dalam lampu dari elemen lingkungan, seperti air hujan, debu, dan kotoran, sambil memungkinkan cahaya untuk melewati dengan cukup jelas sehingga lampu dapat berfungsi dengan baik.

Mika lampu mobil biasanya terbuat dari bahan polikarbonat atau poliakrilat, yang merupakan plastik tahan panas dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, mereka juga sering kali dilapisi dengan lapisan khusus untuk melindungi dari sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dan perubahan warna pada mika.

Salah satu hal yang membuat tampilan mobil menjadi kurang baik adalah tampilan lampu yang menguning. Hal ini sendiri dikenal sebagai oksidasi lampu dan biasa terjadi karena hilangnya lapisan pelindung UV dari mika lampu.

Memang mika lampu yang sudah menguning bisa diperbaiki. Namun bila kondisinya sudah terlalu parah, terkadang harus diganti.

Sehingga adakah cara untuk mencegah hal ini? Hyundai Indonesia memberikan 3 cara mudah agar mika lampu mobil tidak mudah menguning:

1. Parkir

Lokasi parkir sangat menentukan kondisi mika lampu. Sinar UV yang keras dapat membuat lapisan pelindung menghilang dan membuat lampu terlihat kusam atau menguning.Sebaiknya mobil sebisa mungkin parkir di area yang teduh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Coating

Coating dapat membantu melindungi mika lampu dan seluruh lapisannya. Kini banyak coating yang memang ditujukan untuk komponen tertentu, atau sekalian saja melakukan coating seluruh bodi untuk proteksi maksimal.

3. Cuci Mobil

Mencuci mobil bisa membantu mengurangi kerusakan pada mika lampu. Debu yang terlalu menumpuk bisa menyebabkan baret halus bila tidak dibersihkan dengan benar.

3 langkah sederhana tersebut memanglah sederhana untuk dilakukan, namun memiliki dampak berarti untuk lampu mobil kita supaya tidak menguning.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini