Sukses

Melihat Kisah Perjuangan Salah Satu Perusahaan Otomotif Tertua di Isuzu Plaza

Isuzu Plaza merupakan fasilitas museum khusus yang dibangun Isuzu pada April 2017 lalu, dalam rangka memperingati hari jadi Isuzu Motors yang ke-80. Fasilitas ini menyajikan informasi serta edukasi kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dengan merek Isuzu. Mulai dari sejarah, produk, hingga teknologi masa depan Isuzu.

Liputan6.com, Fujisawa - - Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengajak media nasional untuk berkunjung ke Isuzu Plaza yang berdekatan dengan pabrik Isuzu (Fujisawa Plant).

Isuzu Plaza merupakan fasilitas museum khusus yang dibangun Isuzu pada April 2017 lalu, dalam rangka memperingati hari jadi Isuzu Motors yang ke-80. Fasilitas ini menyajikan informasi serta edukasi kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dengan merek Isuzu. Mulai dari sejarah, produk, hingga teknologi masa depan Isuzu.

Saat mengikuti rangkaian kegiatan di Isuzu Plaza, tour guide menjelaskan bahwa Isuzu merupakan salah satu perusahaan tertua di industri otomotif Jepang. Dimulai pada tahun 1916, Tokyo Ishikawajima Ship-building and Engineering Co.,Ltd dan Tokyo Gas dan Electric Industrial Co., mulai berinisiatif membangun perusahaan otomotif, yang di kemudian hari (tahun 1949) dinamakan Isuzu Motors Limited.

Isuzu terus berkembang dan berhasil menjadi salah satu pemain utama dalam industri otomotif di Jepang, dan menjadi pengembang mesin diesel untuk kendaraan komersial dan angkutan penumpang di tingkat global hingga saat ini. 

Isuzu Plaza menampilkan berbagai model-model Isuzu yang ikonik dan bersejarah. Salah satu model paling menarik yang seakan menyambut para pengunjung adalah Wolseley CP Truck tahun 1924. Ini adalah truk tertua yang dirakit di Jepang, hasil kerja sama dengan perusahaan asal Inggris, Wolseley.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koleksi Masa Lampau

Di area koleksi model Isuzu yang ikonik dari masa lampau (History of Isuzu) dipajang berbagai kendaraan, seperti Bus Sumida M 1932, Truk TX80 1948, Isuzu Elf TLD20 1963, sedan Isuzu Bellel 1961, Chevrolet Luv 1972, hingga Isuzu Gemini 1974. 

Model-model Isuzu terbaru juga menjadi ‘bintang’ di area museum Isuzu Plaza. Dipajang berbagai model seperti kendaraan ‘special rescue’, bus tandem Isuzu Erga, Isuzu Giga Tractor, heavy-duty truk Isuzu Giga Dumper, medium duty-truck Forward, light-duty truck Elf, dan D-Max. 

 

Di area museum lain juga dipajang berbagai peraga interaktif, yang memudahkan pengunjung memahami proses pembuatan kendaraan Isuzu. Lengkap dengan fitur dan teknologi yang disematkan pada produk Isuzu terbaru. 

 

3 dari 3 halaman

Ahlinya Mesin Diesel

Tak ketinggalan di salah satu sudut museum, dipajang beragam varian mesin diesel Isuzu legendaris. Di area ini sekaligus menunjukan supremasi Isuzu di teknologi mesin diesel dari masa ke masa. Seperti mesin DL210, 4EE2-TC, 10TD1, 6BB1, 6SD1-TC, Sumida DA4, dan sebagainya lengkap beserta spesifikasi serta sejarahnya. 

Lahirnya Isuzu pada masa awal budaya otomotif di Jepang (1916), telah berkontribusi terhadap pengembangan industri mobil Jepang sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Yakni Sebagai merek teratas khususnya di segmen kendaraan niaga. Hingga kini, Isuzu terus berinovasi melahirkan kendaraan niaga yang tangguh disegala medan. Bahkan saat ini, inovasi Isuzu juga membidik transportasi masa depan, yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat di tiga pilar; Innovation for Earth, Innovation for Society dan Innovation for Life.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.