Sukses

Kia Bakal Luncurkan 2 Mobil Listrik Konsep Baru di Korea Selatan, Ada Crossover dan Sedan

Kia akan mengungkap dua mobil listrik konsep baru berupa crossover kompak, dan sedan baru di sebuah acara di Korea Selatan pekan depan

Liputan6.com, Jakarta - Kia akan mengungkap dua mobil listrik konsep baru berupa crossover kompak, dan sedan baru di sebuah acara di Korea Selatan pekan depan. Perusahaan asal Negeri Ginseng inni akan menggelar EV Day, sebuah acara tahunan yang direncanakan untuk memamerkan mobil dan teknologi listriknya.

Disitat dari Autocar, Jumat (6/10/2023), pihak Kia telah merilis gambar teaser yang menunjukan limo del siluet, dengan lampu siang hari yang menyala.

Dari foto tersebut, jelas menunjukan ada model EV6 di paling kiri, dan EV9 di paling kanan, dan juga SUV Kia EV5 baru, yang diperkenalkan pada Agustus lalu.

Selain itu, Kia juga mengatakan untuk spesifikasi detail dari EV5 akan diberikan di acara tersebut.

Sementara itu, dua model tersisa lainnya, yang disebutkan paling baru adalah sedan ramping dan crossover kompak.

Model crossover kemungkinan adalah Kia EV3, yang telah dimata-matai baru-baru ini dan akan menjadi sebagai penerus spiritual Soul EV. Sedikit yang diketahu tentang sedan ini, meskipun mengingat komitmen Kia untuk meluncurkan model baru di setiap segmen pasar utama.

Sebagai informasi, EV Day juga akan mencakup pembaruan strategi mengenai rencana ambisius Kia untuk meningaktkan pangsa pasar dan penjualannya di era elektrifikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kia Luncurkan Mobil Listrik Murah, Harga Rp 300 Jutaan

Kia Corporation resmi memperkenalkan mobil listrik termurahnya, Ray di Korea Selatan. Model ini, mengaspal di tengah perang harga kendaraan ramah lingkungan yang terjadi di Negeri Ginseng, karena banyaknya perusahaan start-up yang menawarkan produk dengan harga terjangkau.

Disitat dari Bloomberg, Kia Ray dibanderol mulai US$ 20 ribu atau setara Rp 308 jutaan. Mobil listrik mungil bertenaga baterai ini, hanya memiliki konfigurasi satu tempat duduk.

Harga detail untuk Kia Ray satu temapt duduk sejatinya dibanderol US$20.500 atau setara Rp 315 jutaan. Bahkan, model tersebut di Seoul mendapatkan subsidi, sehingga harganya menjadi US$ 16 ribu atau setara Rp 246,3 jutaan.

Sementara itu, untuk versi empat tempat duduk, Kia Ray dibanderol 29,55 juta won atau setara Rp367,8 juta,

Dengan harga yang cukup terjangkau ini, Kia Ray mendapatkan sambutan yang sangat positif dengan mampu terpesan hingga 6.000 unit dalam kurun waktu 20 hari kerja, sejak resmi diluncurkan. Jumlah tersebut, melampaui target dari Kia sebanyak 4.000 unit hingga akhir 2023.

Secara spesifikasi, Kia Ray dipersenjatai baterai lithium-iron-phosphate (LFP) sebesar 35.2 kilowatt-hour, yang lebih murah dibandingkan baterai nikel. Jarak tempuh dari Kia Ray ini mencapai 200 km dalam sekali pengisian daya.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.