Sukses

Ducati Siapkan Hypermotard Baru, Kapasitas Mesin Lebih Kecil

Tampak motor baru yang kepergok sedang uji coba di Catania, Sisilia, Italia, disinyalir sebagai Hypermotard satu silinder berkapasitas 659 cc.

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa dekade, Ducati telah memproduksi banyak sepeda motor bermesin multi-silinder. Namun, pengungkapan baru-baru ini menunjukkan bahwa perusahaan sepeda motor asal Italia sedang mengembangkan Hypermotard bertenaga satu silinder yang berpotensi menyaingi KTM 690 SMC R.

Tampak motor baru yang kepergok sedang uji coba di Catania, Sisilia, Italia, disinyalir sebagai Hypermotard satu silinder berkapasitas 659 cc.

Gambar yang tersebar menampilkan kemiripan dengan Ducati Hypermotard dalam balutan kamuflase. Jika dilihat lebih dekat, ukuran mesinnya lebih kecil. Sasis dan bodinya juga identik dengan Hypermotard 950.

Inspirasi Desain dari Hypermotard 950Semua elemen Hypermotard terlihat jelas seperti paruh depan, lampu depan LED kecil, tangki bahan bakar ramping, dan pelindung tangan.

Kita juga dapat melihat satu set knalpot kembar di bawah jok- sesuatu yang jarang terjadi pada sepeda motor satu silinder. Namun, 659 memiliki paruh dan sinyal belok baru.

Meski begitu, moge yang disinyalir Hypermotard kecil tampak mengenakan perlengkapan baru. Dari casing mesin, tata letak header, dan radiator. Selain itu tidak adanya pendingin sekunder, menunjukkan bahwa mesin ini memang jauh lebih kecil. Ditambah lagi dimensinya yang kompak.

Jajaran Hypermotard saat ini (STD, RVE, SP) menggunakan mesin dua silinder 937 cc. Menghasilkan 114 Hp (pada 9.000 rpm) dan 96,3 Nm (pada 7.250 rpm) melalui transmisi enam kecepatan.

Yang dimata-matai di sini adalah Hypermotard pakai mesin 659 cc. Hal itu diketahui dari homologasi di AS pada akhir 2022. Dokumen menunjukkan bahwa ia mendapatkan konfigurasi empat katup dan pendingin cair.

Mesinnya ditempatkan secara vertikal dan lengan ayun yang dipasang langsung ke mesin. Pengaturan yang mirip dengan Ducati V4. Spekulasi menunjukkan bahwa ini mungkin merupakan enjin dengan bobot ringan, mengingat ia juga bertindak sebagai bagian dari sasis yang diberi tekanan.

Dan karena bakal bersaing langsung dengan supermoto KTM 690 SMC R yang menghasilkan 75 Hp, tenaga yang dihasilkan Ducati anyar kemungkinan menghasilkan sekitar 75-80 Hp. Dari spy shot juga terlihat motor ini mendapat quickshifter.

Sebagai informasi, silinder tunggal dari Ducati pernah menjadi bagian andalan perusahaan sejak awal 1950-an. Semuanya dimulai dari mesin balap kecil antara 100 dan 175 cc, dengan poros vertikal.

Kemudian dengan 350 dan 450 cc, poros vertikal dan desmodromik, termasuk Scrambler. Penggunaan tunggal terakhir di Ducati terjadi 1993 dengan Supermono, mesin balap murni dengan 549 atau 572 cc dengan tenaga hingga 80 hp.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swingarm dan Subframe Baru

Aspek penting lainnya yang terungkap dalam foto mata-mata ini adalah fondasi 659. Perbedaan terbesar antara 659 dan 950 terletak pada bagian belakang. Yang pertama menggunakan lengan ayun dua sisi yang lebih konvensional sebagai pengganti unit satu sisi.

Demikian pula, jika dilihat lebih dekat, terlihat seperti subframe aluminium baru (950 memiliki teralis baja). Hal ini menunjukkan bahwa Ducati telah melakukan lebih dari sekadar memasang mesin yang lebih kecil pada motor saat ini.

Sedangkan untuk suspensi, motor ini menggunakan garpu USD dan monoshock. Lapisan kuning dan reservoir oli emas menunjukkan pakai unit Ohlins yang dapat disetel sepenuhnya, sedangkan bagian depannya juga tampak dapat disetel sepenuhnya.

Lalu memiliki rem cakram tunggal di setiap roda, suatu hal yang jarang terjadi pada Ducati modern. Namun yang tak jarang adalah set velg berukuran 17 inci, karet Pirelli Rosso, dan kaliper Brembo.

Ada kemungkinan Hypermotard 659 dirilis pada 2 November 2023. Soal harga diperkirakan sedikit lebih mahal dibanding Scrambler Icon seharga $10.995. Boleh jadi berkisar $13.000 sebab pesaingnya KTM 690 SMC R dibanderol $12.999.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini