Sukses

Mengenal Motocompacto, Motor Listrik Mungil Honda yang Bisa Dilipat

Honda Motocompo merupakan sebuah skuter mungil yang dimiliki Honda yang diproduksi pada November 1981 hingga 1983, motor ini merupakan paket yang dibuat untuk mendampingi Honda City.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motocompo merupakan sebuah skuter mungil yang dimiliki Honda yang diproduksi pada November 1981 hingga 1983, motor ini merupakan paket yang dibuat untuk mendampingi Honda City.

Pada awalnya motor mungil ini tidak dijual secara terpisah, namun seiring peminatnya yang makin banyak, motor ini akhirnya dipasarkan dan terjual hingga 53.369 unit.

Setelah Honda vakum lama memproduksi sepeda motor mungil seperti ini, pada akhirnya di tahun 2023 ini Honda resmi meluncurkan motor mungil terbarunya yaitu Honda Motocompacto.

Honda Motocompacto merupakan sebuah motor listrik yang berukuran mungil dan dari bentuknya terlihat seperti sebuah tas saat dilipat. Inspirasi desain dari motor ini tak luput dari motocompo yang sangat laris sebelumnya.

Untuk berat dari Motocompacto diperkirakan sekitar 41,3 pon atau 180 kilogram, dan jarak tempuhnya hanya sekitar 12 mil atau 20 km, kemudian memiliki output tenaga hingga 490 watt. 

Dari segi jarak tempuh memang tidak terlalu jauh, akan tetapi Honda meluncurkan  Motocompacto ini dengan konsep penggunaannya hanya untuk mempermudah orang yang ingin melakukan transit ketika kita sedang menggunakan kendaran umum.

Untuk pengisian daya baterainya, Honda Motocompacto hanya perlu sekitar 3,5 jam saja hingga baterai terisi penuh hanya dengan charger berdaya 110v tanpa menggunakan charger fast charging sekalipun.

Bagi yang ingin memilikinya, Honda dan Acura baru menjualnya dengan banderol $995 dolar atau sekitar 15 juta rupiah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda CB200X Resmi Meluncur, Ada Fitur Pendeteksi Kerusakan Motor

Honda India telah meluncurkan CB200X 2023 dengan penyegaran baru berupa penambahan koleksi warna dan penambahan beberapa fitur. Salah satunya adalah alat OBD2.

Dengan pembaruan model tahun ini, sepeda motor ini kini telah memenuhi standar emisi BS6 fase dua di India.

Meskipun CB200X tidak ada yang berubah dari segi desain, motor ini mendapatkan cat baru dan grafis baru yautu Decent Blue Metallic. Dengan penambahan warna baru ini sekaligus melengkapi pilihan warna yang ada sebelumnya yaitu Pearl Nightstar Black dan Sports Red.

Pada bagian dapur pacu, Honda CB200X menggunakan mesin 184,40cc yang dikawinkan dengan transmisi lima percepatan yang menghasilkan tenaga sebesar 17,26PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak 15,9Nm pada 6.000 rpm. 

Yang terpenting, motor Honda CB200X sekarang memenuhi peraturan emisi BS6.2 yang baru. Dengan ini, OBD 2 secara aktif memonitor emisi secara real-time yang dihasilkan oleh sepeda motor dan apabila terjadi kerusakan pada sistem, lampu peringatan pada instrumen yang akan memberi tahu pengendara.

Pada CB200X yang terbaru ini juga Honda menambahkan fitur kopling slip-and-assist yang baru. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan lampu LED, suspensi depan upside down, monoshock belakang, pengereman ABS dengan rem cakram depan 276mm dan cakram belakang 220mm, dan roda 17 inci. 

CB200X 2023 memiliki tinggi jok 810mm, sedangkan jarak bebas ke tanah mencapai 167mm. Selain itu, motor ini memiliki berat 147kg.

Untuk masalah harga, dilansir dari overdrive.in Honda India membanderol CB200X terbaru ini dengan 147 ribu rupee atau sekitar Rp 27 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.