Sukses

Mengenal VW Kodok Kesayangan Soekarno yang Digunakan untuk Perjalanan Rahasia, Megawati Pernah Diajak

Jasa-jasa presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno masih dikenang sampai saat ini di hati masyarakat. Kehidupan pribadinya pun sangat menarik untuk diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa-jasa presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno masih dikenang sampai saat ini di hati masyarakat. Kehidupan pribadinya pun sangat menarik untuk diketahui.

Biasanya cerita keseharian Bung Karno dibagikan oleh orang terdekat beliau. Seperti yang dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri, di mana ia bercerita terkait mobil rahasia milik ayahnya.

Cerita lengkapnya dibagikan oleh akun Instagram @presidenmegawati pada 1 Agustus 2020 lalu. Berikut ulasannya.

Pada unggahan tersebut terlihat sebuah foto Soekarno bersama seorang pria berpose di sebelah mobil VW Kodok. Mobil VW tersebut ternyata kendaraan yang digunakan Soekarno untuk blusukan.

"Bung Karno Blusukan Naik VW. Di sela kesibukan sebagai Presiden RI, ayah saya, Bung Karno selalu mencari waktu untuk blusukan ke berbagai titik, untuk melihat, bertemu & berbincang dengan masyarakat," tulis akun presidenmegawati

VW Kodok ini merupakan mobil yang paling disukai Soekarno untuk blusukan. Megawati pun rupanya pernah diajak untuk berkeliling.

"Kendaraan yang paling digemari Bung Karno untuk mengantarnya blusukan adalah Volkswagen. Saya masih ingat pernah diajak bapak keliling naik mobil VW, beberapa kali bersama tamu dari negara lain," tulisnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Rahasia

Diketahui bahwa Soekarno memiliki VW Kodok ini sekitar tahun 1954. Menariknya lagi mobil ini dikhususkan untuk perjalanan rahasia, termasuk melakukan blusukan.

Sudah banyak tempat yang dikunjungi Soekarno bersama VW Kodok tersebut, salah satunya di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Bung Karno memiliki mobil VW, sekitar 1954. Mobil VW memang tidak terkesan seperti mobil dinas resmi kebanyakan pejabat, sehingga cocok untuk perjalanan rahasia. Mobil VW Bung Karno berwarna biru laut," tulisnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini