Sukses

Biar Gak Was-Was Rangka Patah, Lapisan Anti Karat Bisa Jadi Solusi

Bagi yang ingin menghindari masalah pada rangka, utamanya karat, ada alternatif menarik lainnya. Salah satunya ditawarkan oleh bengkel restorasi Mahrus Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang ingin menghindari masalah pada rangka, utamanya karat, ada alternatif menarik lainnya. Salah satunya ditawarkan oleh bengkel restorasi Mahrus Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.
 
"Ini seperti mencegah ya, sedia payung sebelum hujan. Lebih baik mengatasi sebelum patah. Sebab ketika nanti sudah patah lebih sulit untuk membuat rangka centering lagi," ucap Mahrus saat dihubungi Oto.com, (27/8/2023).
 
Mahrus menjelaskan, saat ini bengkelnya kebanjiran pesanan untuk memberikan lapisan anti karat serta menambah daging (menambahkan besi untuk menguatkan) rangka. Ini agar rangka terhindar dari keropos juga patah.
 
"Penambahan anti karat dilakukan di sisi dalam dan luar rangka. Saya juga berikan tambahan daging, dan pencegahan karat lainnya. Pengerjaannya cepat, hanya 2 sampai 3 jam saja," ucap Mahrus.
 
 
Soal biaya, Mahrus mematok angka Rp 200 ribuan untuk model Beat dan Genio, sedangkan untuk Vario di angka Rp 250 ribuan.
 
Biaya rangka patah juga disebutkan di angka Rp 300 ribuan untuk Beat dan Genio sedangkan untuk Vario di angka Rp 350 ribuan.
 
Mahrus memaparkan, besi sudah pasti akan berkarat. Namun dengan besi berkualitas dan pengecatan yang baik dan benar, karat baru akan hadir butuh waktu tahunan.
 
Melihat banyak kasus rangka baru Honda yang berkarat, Mahrus mempertanyakan kualitas besi yang digunakan sebagai rangka.
 
"Menurut saya bahannya memang gampang berkarat, kualitas besinya. Itu terasa murah. Beda sama rangka jaman dulu, utuh bulat, sekarang hanya seperti seng. Rangka berkarat biasanya tahunan, lima tahunan ada yang baru muncul tanpa perawatan khusus. Ini dari beberapa yang sudah masuk bengkel bahkan ada yang umurnya baru tiga bulan," ucap Mahrus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan AHM

Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) telah menjelaskan bahwa rangka yang terlihat berkarat pada motor baru merupakan silikat, senyawa yang digunakan dalam proses pengelasan.

Namun pernyataan AHM ini tidak memuaskan dan terkesan lari dari permasalahan utama, yakni rangka patah dan mudah keropos karena karat. Rangka eSAF sendiri adalah teknologi rangka Honda yang dibuat dengan menghubungkan bagian depan motor dengan tempat duduk pengendara.

Rangka eSAF digunakan dengan metode press, pelat baja ditekan dengan alat press dan disatukan dengan teknik las menggunakan laser.

Keunggulan rangka ini antara lain bobotnya yang ringan dimana bentuknya hanya terdiri dari rangka utama, dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame). Rangka eSAF digunakan pada beberapa model.

Sebut saja Genio sejak 2019, Beat sejak 2020, Beat Street sejak 2020, Scoopy sejak 2020 dan terakhir Vario 160 sejak 2022.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.