Sukses

Mesinnya Mirip Honda, Motor Pendatang Baru dari Tiongkok Ini Usung Gaya Neo Klasik

AW merupakan brand sepeda motor baru dari China yang memulai debutnya di pameran Trade Fair di China pada 2021. Mereka menampilkan model pertamanya, AW 500 R

Liputan6.com, Jakarta - AW merupakan brand sepeda motor baru dari China yang memulai debutnya di pameran Trade Fair di China pada 2021. Mereka menampilkan model pertamanya, AW 500 R.

Kemudian pada Juli 2023 mengenalkan AW 500 N dan mulai dijual di negara asalnya. Produsen sepeda motor AW dikaitkan dengan grup industri Hangzhou Weite.

Ya, setelah dua tahun muncul, AW kembali dengan model terbarunya AW 500 N. Unit anyar merupakan varian dari AW 500 R. Wujudnya bukan full fairing melainkan gunakan konsep neo klasik.

Tampak jelas dari fascia dengan lampu depan bulat, half fairing dan pakai roda ruji. Tentu saja, versi ini identik dengan MV Agusta Superveloce, Triumph Speed Triple 1200 RR atau Honda Hawk 11, tetapi tenaganya lebih kecil.

Baik AW 500 N dan 500 R memiliki mesin dan komponen yang sama, perbedaan hanya dalam hal gaya. Seperti banyak pabrikan sepeda motor China lainnya, AW menggunakan enjin dua silinder segaris berpendingin air dari Loncin.

Baik dalam bentuk 471 cc atau 494 cc, sangat jelas kalau arsitektur yang dipakai mirip dengan mesin 500 paralel-kembar milik Honda.

Dalam hal kinerja, sejak awal AW menyatakan 45 hp hingga 48 hp untuk seri 500. Kecepatan tertinggi 170 dan 180 km/jam. Menjadikannya setara dengan pemain lain di ruang level pemula.

Dengan berat 186 kg, motor ini cukup ringan dan mudah dikendarai serta dapat diakses oleh lebih banyak pengendara. Informasi pasti tentang isi tangki belum tersedia.

AW secara konsisten mengandalkan material aluminium dengan bentuk yang bagus untuk sasis. Mulai dari filigree fork bridge, rangka bridge hingga belakang yang dibaut dan lengan ayun roda belakang berlengan dua.

Ukuran ban sesuai dengan standar kelas yaitu 120/70-17 di depan dan 160/60-17 di belakang. Jarak sumbu roda 1.375 mm berkontribusi pada penanganan yang mudah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AW500R

Menariknya, AW melengkapi motor seri 500 N dan 500 R dengan fondasi yang cukup premium. Garpu depan misalnya, mendapat upside down yang dapat disesuaikan. Sedangkan bagian belakang pakai monoshock dengan pengaturan rebound.

Sementara penghenti laju mengandalkan peranti rem cakram ganda dengan kaliper empat piston yang dipasang secara radial di depan. Dan sistem pembuangan mengadopsi 2-in-1 dengan bagian ujung berbahan karbon.

Untuk sektor teknologi, model baru AW mengikuti tren kebanyakan sepeda motor yang baru dirilis. Mereka menampilkan layar besar berwarna yang kemungkinan besar kompatibel dengan Bluetooth.

Soal harga dan ketersediaan, AW 500 R yang lebih dulu muncul dibanderol 31.800 Yuan China, kurang lebih setara dengan Rp66 jutaan.

Sementara harga untuk AW 500 N belum diumumkan tetapi diperkirakan serupa dengan AW 500 R. Dan saat ini perusahaan belum menginformasikan mengenai rencana ekspor AW.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.