Sukses

BMW M3 Series Hentak Pasar Indonesia, Harga Mulai dari Rp 2 Miliar

BMW M3 Competition Touring M xDrive dan All-New BMW M3 CS resmi masuk pasar Indonesia. Keduanya diperkenalkan di acara BMW M Fest.

Liputan6.com, Jakarta - BMW M3 Competition Touring M xDrive dan All-New BMW M3 CS resmi masuk pasar Indonesia. Keduanya diperkenalkan di acara BMW M Fest.

Masing-masing ditawarkan dengan harga Rp2.497.000.000 dan Rp3.717.000.000 off the road. Khusus M3 CS, hanya tersedia 15 unit.

M Fest merupakan rangkaian acara yang disiapkan untuk para pecinta dunia motorsport dan BMW M di Indonesia. Sebelumnya di perhelatan M Fest yang pertama bulan lalu, BMW Indonesia dan BMW Eurokars meluncurkan BMW M4 Competition Convertible M xDrive.

“Setelah BMW M4 Competition Convertible M xDrive hadir bulan lalu, kini BMW M3 Competition Touring M xDrive dan All-New BMW M3 CS siap penuhi kebutuhan pelanggan dan mendukung kesuksesan BMW M di Indonesia,” ucap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, (13/7/2023).

BMW M3 Competition Touring M xDrive 

Memiliki desain atletis untuk menunjukkan performa luar biasa. Tampak dari cooling air routing dan aerodynamic balance. Paling menonjol di antaranya adalah kidney grille BMW tanpa bingkai yang disusun secara vertikal, intake udara samping besar, ditambah dengan finishing Black high-gloss di sekeliling bodi. 

Atapnya dilapisi dengan warna Black high-gloss. Roof rails standar dan penutup pengarah udara Gurney dicat dengan warna yang sama. Di situ juga bisa diberi warna bodi sebagai opsi, dan paket eksterior BMW M Carbon juga bisa ditemukan di daftar opsi.

Mesin enam silinder segaris dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo hasilkan tenaga maksimum 510 hp dan torsi puncak 650 Nm. Dipadukan dengan transmisi M Steptronic delapan percepatan dengan Drivelogic, yang tawarkan tiga program gearshift paddles dan dapat dioperasikan menggunakan shift paddles di roda kemudi.

Tenaga mesin disalurkan melalui sistem all-wheel drive M xDrive, yang bekerja sama dengan Active M Differential. Distribusi tenaga berbasis kebutuhan di keempat roda mengoptimalkan traksi, serta kelincahan dan stabilitas arahnya. Akselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan 3,6 detik.

Teknologi sasis yang disesuaikan mampu menciptakan keseimbangan ideal antara performa sport dan kenyamanan berkendara. Adaptive M Suspension dengan shock absorbers yang dikontrol secara elektronik dan kemudi M Servotronic dengan rasio variabel hadir sebagai standar.

Sistem pengereman terintegrasi menawarkan dua pengaturan untuk nuansa pedal. Rem dengan M Compound Brake black high - gloss sebagai standar dari sistem pengereman. Sementara itu, velg ringan forged M dalam format 19 inci (depan) dan 20 inci (belakang) dipasang sebagai standar.

Aura sport di bagian interior cukup menonjol. BMW Curved Display hadir sebagai standar dan pengalaman digital hadir dengan layar 12,3 inci serta tampilan kontrol dengan layar diagonal 14,9 inci.

M Sport Seats dapat disetel secara elektrik dengan fungsi memori dan pemanas kursi ditambah upholstery kulit Merino. Menawarkan rasa berkendara khas motorsport, desain ringan, bahan mewah, dan kenyamanan jarak jauh.

Penggunaan plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP) pada beberapa bagian menghemat 9,6 kg dibandingkan jok BMW M Sport standar.

Kompartemen belakang memiliki tiga kursi ukuran penuh. Sandaran kursi belakang dapat dibagi 40:20:40. Melipat bagian kursi individu atau semuanya sekaligus memungkinkan kapasitas muatan mobil diperluas dari 500 liter menjadi maksimal 1.510 liter, sesuai kebutuhan. Bagasi dapat terbuka secara otomatis dan jendela belakang bisa juga dibuka secara terpisah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

All-New BMW M3 CS

Performa sangat berasal dari teknologi M TwinPower Turbo yang dikembangkan untuk BMW M3 dan M4. Unit 3.0 liter ini juga menjadi basis mesin yang menggerakkan BMW M4 GT3.

Ada peningkatan output sebesar 40 hp dibandingkan dengan BMW M3 Competition Touring M xDrive, menghasilkan 551 hp. Torsi puncak tercipta 650 Nm hanya dari 2.750 rpm. Ini menghasilkan output maksimum pada 6.250 rpm dan mencapai puncak pada 7.200 rpm.

Efek sporty disertai dengan suara mesin khas BMW M yang dihasilkan dari dual-branch exhaust system. Menampilkan pula flap yang dikontrol secara elektrik, peredam belakang titanium dengan desain yang meminimalkan bobot dan dua pasang knalpot dalam balutan cat hitam matt. Memilih mode SPORT atau SPORT+ untuk pengaturan mesin di menu M Setup akan hasilkan suara khas mesin BMW yang luar biasa.

Torsi penggerak yang dilepaskan oleh mesin BMW M3 CS diteruskan melalui transmisi M Steptronic delapan percepatan dengan Drivelogic. Ini dioperasikan menggunakan M-specific selector lever di konsol tengah atau dengan shift paddles di setir.

Pengemudi dapat menggunakan tombol Drivelogic yang terintegrasi ke dalam tuas pemilih untuk mengubah karakteristik perpindahan transmisi, dengan pilihan pengaturan yang berorientasi pada kenyamanan, sporty, dan dioptimalkan untuk penggunaan di sirkuit.

Traksi dan kelincahannya ditingkatkan dengan kehadiran penggerak all-wheel M xDrive, yang menggunakan plat kopling ganda. Dikontrol secara elektronik untuk memastikan distribusi tenaga mesin yang seimbang. BMW M3 CS hanya membutuhkan waktu 3,4 detik untuk mencapai tenaga dari 0 hingga 100 km/jam.

Spesifikasi standar untuk model edisi khusus mencakup rem M Carbon ceramic brake dengan kaliper rem tersedia dalam Red high - gloss. Velg ringan BMW M ditempa dalam desain V-spoke eksklusif dengan Gold Bronze finish.

Pelek alloy ringan M khusus ini juga dapat dipesan dalam pilihan matt Black finish. Berdiameter 19 inci di as roda depan dan 20 inci di belakang. Ban dirancang khusus track yang berukuran 275/35 ZR19 di depan dan 285/30 ZR20 di belakang.

Ukuran desain ringan memainkan peran utama dalam membentuk kualitas kinerja dan karakter eksklusif BMW M3 CS. Penggunaan komponen yang terbuat dari plastik dan serat karbon (CFRP) menjadi kunci penting.

Selain atap serat karbonnya, model edisi khusus juga menggunakan material ringan berteknologi tinggi untuk kap mesin, splitter bumper depan, intake udara depan, tutup kaca spion eksterior, diffuser belakang, dan spoiler belakang.

Konsol tengahnya, gearshift paddle di roda kemudi, dan strip trim interior juga dibuat dari CFRP. Peredam belakang titanium, memangkas lebih dari 4 kg bobot sistem pembuangan yang dipasang pada BMW M3 CS. Berbagai inovasi hadir dan menghasilkan penghematan bobot total sekitar 20 kg dibandingkan dengan BMW M3 Competition Touring M xDrive.

Rangkaian fitur yang ada pada dirinya tegaskan karakter M3. Finishing cat Frozen Solid White tersedia untuk eksterior eksklusif. Sementara Signal Green solid, Brooklyn Grey metallic, dan Sapphire Black metallic hadir sebagai alternatif.

Pengemudi dan penumpang depan disambut sebagai standar bucket M Carbon. Penggunaan CFRP pada beberapa elemen struktural berikan bukti konstruksi kursi yang meminimalkan bobot.

Kursi bucket M Carbon dilapisi full leather Merino dan tampilkan desain eksklusif dalam skema warna Hitam/Merah dengan jahitan kontras yang khas. Panel pintu dipangkas seluruhnya dengan kulit hitam di bagian depan dan belakang, sementara tulisan "CS" berwarna merah menghiasi konsol tengah.

 

3 dari 3 halaman

Kenyamanan Digital

Sistem M Drive Professional dipasang sebagai standar dan berikan tidak hanya manfaat dari fungsi M Drift Analyzer dan M Laptimer untuk mengevaluasi dan merekam keterampilan serta performa berkendara di lintasan.

Tombol M Mode di konsol tengah juga merupakan bagian dari paket M Drive Professional dan dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat aktivitas sistem bantuan pengemudi.

Konten yang ditampilkan di Head-Up Display opsional, dengan pilihan Pengaturan ROAD, SPORT dan TRACK. BMW iDrive generasi terbaru berdasarkan BMW Operating System 8, yang mencakup BMW Curved Display untuk kokpit. Hadir dengan layar 12,3 inci dan tampilan kontrol dengan layar 14,9 inci.

BMW Live Cockpit Professional hadir dengan sistem navigasi BMW Maps, BMW Intelligent Personal Assistant, integrasi smartphone, pengisian daya nirkabel, koneksi WiFi dan BMW Head-Up Display sebagai standar pada kedua model.

Kedua kendaraan terbaru juga tawarkan pilihan fitur kenyamanan dan sistem bantuan pengemudi. Keduanya dilengkapi Comfort Access versi terbaru, kontrol iklim otomatis dua zona (BMW M3 CS) dan control iklim otomatis tiga zona (BMW M3 Touring), Harman Kardon Surround Sound System, Active Park Distance Control, Front Collision Warning, dan Lane Departure Warning.

Keduanya hadir dengan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu.

Dan juga mencakup BMW Extended Warranty selama 5 tahun tanpa batasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100 persen biaya penggantian hingga 4 ban per tahun.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini