Sukses

Kisah Oplet Si Doel yang Pernah Ditawar Raffi Ahmad, Rano Karno Menemukannya Saat Jadi Kandang Ayam

Salah satu hal yang sangat melekat pada serial televisi ini adalah oplet berwarna biru yang selalu digunakan Si Doel untuk mencari uang. Mobil tersebut adalah Morris Minor yang diproduksi sejak tahun 1948.

Liputan6.com, Jakarta - Serial televisi Si Doel sangat populer di Indonesia. Serial ini mengisahkan kisah kehidupan Doel, seorang pemuda Betawi yang tinggal di lingkungan kampung di Jakarta.

Salah satu hal yang sangat melekat pada serial televisi ini adalah oplet berwarna biru yang selalu digunakan Si Doel untuk mencari uang. Mobil tersebut adalah Morris Minor yang diproduksi sejak tahun 1940-an.

Mengutip Merdeka.com, berikut 5 fakta tentang oplet biru tersebut yang dirangkum dari tayangan video yang diunggah di kanal You Tube Taulany TV milik Andre Taulany.

1. Pernah Jadi Kandang Ayam

Sebelum memiliki tampilan yang sempurna layaknya mobil baru, oplet si doel biru tersebut rupanya pernah menjadi kandang ayam.

Tentunya yang menjadikan kandang ayam bukanlah Rano, melainkan seseorang yang dahulu memiliki oplet biru tersebut.

"Ada di belakang rumah, ada WC jadi kandang ayam," ungkap Rano.

Setelah Rano Karno melihat kondisinya yang memprihatinkan, maka Rano langsung membelinya dan berniat untuk mengembalikan kondisinya menjadi lebih baik.

"Harganya murah, Rp 525.000, ngebenahinnya yah lumayanlah," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pernah Mati dan Hidup Lagi

Oplet biru tersebut tergolong sebagai mobil klasik yang umurnya sudah mencapai puluhan tahun. Tidak heran, mesin yang digunakan oplet biru tersebut pernah mati dan hidup lagi.

"Ini (oplet biru) empat kali meninggal," jelas Rano.

3. Gunakan Mesin yang Sehat

Setelah mengalami kondisi mesin yang tidak sehat, maka Rano mengganti mesin oplet biru tersebut dengan mesin yang lebih sehat dan baru. Rano menggunakan mesin Mini Cooper keluaran beberapa tahun silam.

"Percaya enggak ini dalamnya Mini Cooper baru? Abang beli mesinnya Rp 13 juta," jelasnya.

3 dari 3 halaman

4. Ditawar Rp1 Miliar

Pernah salah seorang kolektor mobil antik mendatangi Rano karena ingin menawar oplet biru tersebut. Kolektor tersebut memang tertarik dengan pesona oplet biru tersebut dan ingin memilikinya.

"Tiba-tiba 'Doel gue beli ya', kagak gue jual. Kalau dijual syuting gimana,?" tuturnya.

Tidak hanya tertarik dengan pesona oplet biru tersebut, ternyata kolektor itu juga mempunyai mimpi yang sama seperti Rano yang juga ingin memiliki oplet. Karena pada masa kecil Rano, Rano sering jalan kaki menuju sekolahnya dan melihat banyak oplet di jalanan.

"Rupanya dia dulu waktu zaman kecil begitu mimpinya sama kayak si Doel. Sekolah jalan kaki, ngeliatnya oplet aja kan, jadi ya vintage begitu," beber Rano.

5. Tolak Tawaran Raffi dan Andre

Maksud kedatangan Andre dan Raffi pada saat itu, selain ingin melihat oplet biru tersebut Andre dan Raffi ingin menawarnya. Namun, tawaran dari Andre dan Raffi segera ditolak oleh Rano karena oplet biru tersebut sarat akan kenangan masa kecil dan memori yang tidak bisa dilupakan.

Sebagai tanda menolak halus, Rano mengizinkan anak-anak Andre dan Raffi untuk sekadar naik dan berkendara.

"Makanya minta maaf deh Fi, minta maaf deh Ndre, kalau misal bocah ente mau beli ini kagak, tapi kalau dia mau pinjem mau jalan-jalan pake, boleh," tuturnya.

Sumber: Merdeka.com

Penulis: Denny Marhendri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini