Sukses

Kymco Patenkan Teknologi Keselamatan ADAS untuk Sepeda Motor

Tidak hanya pabrikan mobil yang kini ramai-ramai membekali produk mereka dengan teknologi bantuan keselamatan atau Advanced Drivers Assistance System (ADAS). Tapi Kymco, produsen sepeda motor Taiwan juga kedapatan telah mematenkan teknologi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya pabrikan mobil yang kini ramai-ramai membekali produk mereka dengan teknologi bantuan keselamatan atau Advanced Drivers Assistance System (ADAS). Tapi Kymco, produsen sepeda motor Taiwan juga kedapatan telah mematenkan teknologi tersebut dan bakal menyematkan teknologi tersebut pada model andalannya.

Dari beberapa informasi yang dirilis, sensor tersebut ditempatkan di bagian belakang motor. Tentunya ini berbeda dengan kebanyakan sensor ADAS yang ditempatkan di bagian depan.

Untuk menyamarkan sensor tersebut, pabrikan menempatkannya di antara rak bagasi dan dudukan plat nomor belakang serta ditutupi dengan plastik agar tidak terlalu mencolok.

Memang Kymco bukan satu-satunya produsen motor yang menyematkan sensor pada produk mereka. Sebelumnya, Ducati, BMW, Yamaha dan Kawasaki, juga diberitakan bakal menyematkan teknologi tersebut.

Terkait teknologi yang nantinya akan disematkan melalui sensor tersebut, dalam laporan Motorrad Online, teknologi yang nantinya akan membantu pengendara adalah tambahan berupa fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Lane Change Assist (LCA).

Adapun informasi yang ditampilkan sama seperti pada mobil, di mana fitur BSM akan menginformasikan pengendara lewat indikator pada kaca spion sebagai penanda ada kendaraan yang tidak terlihat di sisi belakang.

Menariknya, Kymco dikabarkan tidak hanya mempersiapkan teknologi tersebut untuk skutik, namun model lain yang nantinya bakal diluncurkan seperti cafe racer, juga akan dibekali dengan sensor ADAS tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ramaikan Jakarta Fair 2023, Wuling Bawa Produk Lengkap dan Beragam Promo

Wuling terus mencoba merebut hati masyarakat Indonesia, dengan menawarkan berbagai produk andalannya. Tidak hanya itu, jenama asal China ini juga rajin mengikuti banyak pameran, salah satunya Jakarta Fair 2023.

Berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Wuling menampilkan lima unit display. Selain itu, Wuling turut membawa ragam promo menarik dalam rangka memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memiliki mobil pilihannya selama Jakarta Fair 2023.

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors mengatakan dalam rangka menyemarakkan Jakarta Fair 2023, Wuling hadir di pameran dan hiburan terbesar, terlengkap dan terlama ini dengan membawa serta aneka lini produk inovatif bagi para pengunjung.

"Kami berharap, pengunjung dapat semakin mengenal produk Wuling yang didukung inovasi berkendara modern. Konsumen pun berkesempatan untuk menikmati berbagai promo menarik di pameran ini," ujar Dian, dalam keterangan resmi, Jumat (16/6/2023).

Wuling menampilkan Air ev yang merupakan kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia. Mobil ramah lingkungan ini memiliki berbagai keunggulan, mulai dari kemudahan pengisian daya yang dapat dilakukan di rumah, keamanan baterai yang terjamin, sampai dengan rangka yang kokoh serta airbag membuat konsumen dapat merasa tenang dalam menggunakannya.

Selain itu, compact SUV terbaru Wuling yang mengedepankan style dan inovasi, Alvez, juga hadir di Jakarta Fair 2023. Hal tersebut terlihat pada penggunaan dynamic dual-tone color, LED DRL serta adjustable LED pada lampu utama, dan LED lampu belakang, bold front grille design, serta cutting-edge 16 inch wheels.

Tidak hanya itu, penggunaan electric sunroof dan material berkelas pada kabin kian menonjolkan nuansa modern dan kecanggihan inovasi teknologi WIND, ADAS, dan Wuling Remote Control App menjadikan setiap perjalanan semakin menyenangkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini