Sukses

Mengintip Koleksi Mobil Mentan Syahrul Yasin Limpo yang Akan Diperiksa KPK

Sebelum menjabat menjadi Menteri pertanian, Syahrul Yasin Limpo sempat juga menduduki posisi lain di pemerintahan mulai dari bupati, wakil gubernur, hingga gubernur. Maka dari itu, tidak heran kalau Yasin memiliki sejumlah koleksi mobil yang keren

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ke Gedung Merah Putih pada, Jumat 15 Juni 2023. Yasin Limpo akan dimintai keterangan soal dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

"Benar, dijadwalkan untuk hadir besok Jumat (16/6) jam 09.30 WIB, di Gedung Merah Putih KPK," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dikutip dari Kanal News Liputan6.com, Jumat (15/6/2023).

Sebelumnya, KPK menyatakan hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus dugaan korupsi tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar, penyelidikan sudah dimulai sejak awal 2023.

Dugaan kasus ini berkaitan dengan penyalahgunaan pertanggungjawaban dana di Kementan. Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebut kasus tersebut bermula melalui laporan dari masyarakat yang diterima KPK yang kemudian ditindaklanjuti pada proses penegakan hukum.

"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya," kata Ali.

Syahrul Yasin Limpo sendiri merupakan menteri asal Partai Nasdem. Sebelum menjabat menjadi Menteri pertanian, Yasin sempat juga menduduki posisi lain di pemerintahan mulai dari bupati, wakil gubernur, hingga gubernur.

Maka dari itu, tidak heran kalau Yasin memiliki sejumlah koleksi mobil yang keren, mengingat banyak pejabat negara yang hobi mengoleksi kendaraan. Koleksinya ini dapat dilihat melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menurut data dari laporan tersebut, pria berusia 68 tahun ini memiliki total koleksi mobil mencapai Rp 1,47 miliaran. Di dalamnya terdapat berbagai jenis mobil mulai dari sedan, SUV, MPV, hingga APV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Lainnya

Di antara deretan mobil tersebut yang paling mahal adalah Jeep Cherokee keluaran 2011. Berdasarkan informasi yang tercatat di LHKPN, satu unit mobil itu dibeli Limpo Yasin dengan harga Rp 500 juta.

Setelah Cherokee, mobil termahal kedua miliknya adalah Toyota Alphard Minibus dengan nilai Rp 350 juta. Kemudian di bawahnya lagi ada mobil sedan, Mercedes Benz keluaran 2004 yang harganya diklaim mencapai Rp 250 juta.

Belum selesai sampai disitu, ia juga masih punya Toyota Kijang Innova Minibus 2014 yang tercatat pada angka Rp 200 juta. Terakhir, mobil paling murahnya itu mobil sedan Mitsubishi Galant yang dibelinya seharga Rp 90 juta.

Bukan hanya mobil saja, di laporan tersebut juga terdapat satu unit motor Harley Davidson produksi 1986. Satu unit motor ini diboyong Yasin pada angka Rp 35 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.