Sukses

Viral Mudahnya Ujian SIM Motor Taiwan di Media Sosial, Netizen: Kalo di Kita Harus Tes Freestyle

Ujian SIM di Tanah Air seringkali dianggap terlalu sulit, terutama ujian prakteknya. Baru-baru ini terdapat video viral yang menunjukan betapa mudahnya ujian praktek sim motor di Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum mendapatkan surat izin mengemudi (SIM), pengendara mobil/motor harus menjalani sejumlah tes terlebih dahulu. Ujian sim terbagi menjadi dua jenis yakni, ujian tertulis dan praktik.

Ujian tertulis dilakukan untuk menguji pengetahuan dan wawasan tentang berkendara dan berlalu lintas di jalan raya. Sementara, ujian praktik SIM untuk mengetes kelayakan skil  pengemudi dalam berkendara. 

Namun, ujian SIM di Tanah Air seringkali dianggap terlalu sulit, terutama ujian praktiknya. Untuk lulus ujian praktik SIM motor (SIM C), pengendara harus melewati berbagai jenis rintangan diantaranya, jalur zig-zag, jalur angka 8, tes reaksi Menghindar dan letter U. 

Maka dari itu, tak heran jika banyak yang membandingkan ujian praktik SIM di Indonesia dengan negara-negara lain. Contohnya, baru-baru ini terdapat video viral yang menunjukkan betapa mudahnya ujian praktik SIM motor di Taiwan.

Momen tersebut direkam oleh seorang warga negara Indonesia (WNI). Peserta tes nampak menggunakan motor matic berwarna merah lengkap dengan helm full face.

Video pendek ini diunggah oleh akun TikTok @tukang_maidomu pada Sabtu, (10/6/2023) kemarin. Kemudian, video ujian praktik SIM itu dibagikan ulang akun Instagram @ndorobei.official pada Minggu (11/6/2023).

“Beginilah Ujian praktik SIM di Taiwan (Ada yg susah kenapa cari yang gampang),” tulis pemilik akun @ndorobei.official.

Dari video pendek itu dapat terlihat jelas perbedaan ujian praktik sim motor di Indonesia dan Taiwan. Pasalnya, jalur ujian yang dilewati jauh lebih sederhana tanpa banyak hambatan.

Jalur ini dibuat layaknya jalan raya sungguhan lengkap dengan lampu lalu lintas serta rambu-rambu lainya. Saat pelaksanaan ujian, peserta hanya perlu melewati mematuhi rambu-rambu tersebut sampai jalur berakhir.

Pihak yang sedang menjalani ujian praktik tersebut pun terlihat sangat hati-hati sambil melajukan motor dalam kecepatan pelan. Perlahan tapi pasti, si pengendara dapat melewati simulasi ini dengan mulus.

“Neng kene alon-alon lur, dalane lurus (di sini pelan-pelan guys, jalannya lurus)” ucap perekam video.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Netizen Soal Mudahnya Ujian SIM di Taiwan

Video ujian sim di Taiwan yang begitu mudah ini langsung dibanjiri komentar netizen. Banyak yang membandingkan ujian praktik di Indonesia dan Taiwan yang begitu jomplang. 

  • “Kalo disini kayak audisi jadi member sirkus 😢,” ucap ***zqlau.
  • “Kalo di konoha driver dipersiapkan untuk akrobat dan tong setan,” ujar ***ky.zakaria_.
  • “Kalo di kita harus tes freestyle,” tulis ***ni_***opik.
  • “Pantes pengendara di Indonesia banyak yang menerobos rambu-rambu. Soale ra ono prakteke. Prakteke ngeliuk-ngeliuk buat hindari razia,” ungkap ***o_dp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini