Sukses

Volkswagen Hadirkan Mobil Listrik ID.Buzz Versi Long Wheel Base

Volkswagen ID.Buzz versi long wheel base (LWB) baru-baru ini diperkenalkan ke publik. Versi modern dari Samba Bus itu tampil perdana untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen ID.Buzz versi long wheel base (LWB) baru-baru ini diperkenalkan ke publik. Versi modern dari Samba Bus itu tampil perdana untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada.

Sementara pasar Eropa baru dilakukan pada akhir Juni nanti saat VW Bus Festival di Hanover, Jerman.

Kendaraan listrik dengan inspirasi dari model ikonik VW T1, T2, T3 dan T4 ini menjadi model yang ditunggu-tunggu penggemar VW.

Thomas Schafer, anggota Manajemen Volkswagen AG, Brand Group Volume, mengungkapkan kehadiran ID.Buzz LWB menjadi bukti VW merupakan merek dengan sejarah kuat dan penggemar setia.

"Dengan model ini, kami mengambil langkah besar untuk menjadi merek yang dicintai penggemar," ucap Schafer dalam keterangannya.

Pablo Di Si, Presiden dan CEO VW Group Amerika mengungkapkan VW Bus memiliki sejarah panjang di Amerika Serikat dan memiliki status kultus diantara penggemarnya. Kehadiran mobil listrik ID.Buzz dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang merupakan model yang tepat. 

"Tujuan kami untuk menguatkan merek VW di Amerika," ucap Pablo.ID. Buzz LWB mendapatkan panjang ekstra jarak sumbu rodanya hingga 250 mm.

Ini membuat ID. Buzz LWB memiliki panjang keseluruhan hingga 4.962 mm atau hampir 5 meter. Peningkatan panjang ini memiliki dampak pada kehadiran ruang di baris ketiga serta meningkatkan penyimpanan hingga 2.469 liter.

VW memberikan baterai yang lebih besar, mencapai 85 kWh untuk memberikan jarak tempuh yang lebih jauh. Soal tenaga, motor penggeraknya menghasilkan tenaga 210 kW atau sekitar 286 hp.

VW menetapkan batas kecepatan tertinggi 160 km per jam. Meski berukuran besar, ID.Buzz LWB mampu mencapai kecepatan 100 km per jam dari diam dalam waktu 7,9 detik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Varian dengan penggerak semua roda atau all wheel drive GTX, menawarkan tenaga yang lebih besar yakni mencapai 250 kW atau 339 hp.

Kemampuan melesatnya ke 100 km per jam lebih singkat yakni hanya 6,4 detik. VW mengungkapkan varian ini akan hadir tahun depan.

Sentuhan modern diberikan VW pada beberapa fitur ID. Buzz LWB. Terdapat head up display, sistem infotainment terbaru, serta parkir jarak jauh dari telepon genggam.

VW juga menyertakan sunroof panoramik dengan kaca pintar yang mengingatkan pada generasi VW Samba Bus di tahun 50-an. Luas kaca panoramic ini mencapai 1,5 meter dan menjadi yang terbesar yang pernah dibangun VW.

Kaca ini dapat diubah tingkat transparansinya dengan sentuhan jari atau perintah suara. Pada model untuk Amerika Utara, VW memberikan ventilated seat dan logo VW yang berpendar di bagian depan.

Model ID.Buzz LWB akan diproduksi di pabrik VW di Hanover. Pengiriman pertama model ini akan dilakukan pada 2024 mendatang di Amerika Serikat dan menyusul kemudian untuk pasar Eropa.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.