Sukses

Diproduksi di Indonesia, TKDN All New Toyota Yaris Cross Diklaim Sudah 80 Persen

All new Toyota Yaris Cross Resmi Meluncur di Indonesia. Hadir dalam dua varian, yaitu mesin bensin dan hybrid, penantang Honda HR-V ini sekaligus menjadi model hybrid kedua yang diproduksi lokal setelah Kijang Innova Zenix hybrid.

Liputan6.com, Jakarta - All new Toyota Yaris Cross Resmi Meluncur di Indonesia. Hadir dalam dua varian, yaitu mesin bensin dan hybrid, penantang Honda HR-V ini sekaligus menjadi model hybrid kedua yang diproduksi lokal setelah Kijang Innova Zenix hybrid.

Direktur Operasional PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) all new Toyota Yaris Cross telah mencapai 80 persen. Bahkan melebihi Toyota Innova Zenix yang hanya 60 persen.

"Iya, karena engine sudah dibikin di sini. Tinggal baterainya saja. Komposisinya cukup kecil (20 persen) karena kita pakai baterai hybrid 0,7 kWh," jelas Bob, di sela-sela world premiere all new Toyota Yaris Cross, di Westin Jakarta, Senin (15/5/2023).

Lanjut Bob, untuk all new Toyota Yaris Cross menang sebagian komponennya sudah dilokalisasi, dan bahkan komposisinya cukup tinggi.

"Ya kuncinya efisiensinya bagus, localize-nya bagus, kemudian ekspornya juga oke," tegas Bob.

Namun, ketika ditanya produksi atau penjualan all new Toyota Yaris Cross dengan target 1.500 hingga 1.800 unit yang tentunya lebih kecil dibanding Kijang Innova Zenix, jumlah tersebut memang belum termasuk untuk pasar ekspor.

"Itu tadi yang disampaikan pak Anton, domestik saja (1.500 sampai 1.800). Kita biasanya 50:50 (ekspor dan domestik). Nanti pas produksi kita sampaikan kepastiannya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Dibanderol Rp 300 Jutaan, Intip Spesifikasi All New Toyota Yaris Cross

All new Toyota Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, dengan status pertama di dunia. PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek (APM) Toyota di Tanah Air, bakal menghadirkan medium sport utility vehicle (SUV) ini dalam dua varian, mesin bensin dan juga hybrid.

President Director PT TAM, Hiroyuki Ueda mengatakan, industri otomotif Indonesia mulai memasuki era elektrifikasi. Raksasa otomotif asal Jepang ini, juga menyambut positif tren tersebut, dengan menghadirkan teknologi yang lengkap, mulai Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV dengan pilihan model yang semakin banyak dan affordable, serta berada di segmen yang semakin besar untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

"Sekarang, kami kembali hadirkan full Hybrid EV pertama di B-segment lewat All-New Yaris Cross, yang juga melengkapi line-up SUV Toyota di Indonesia,” jelas Hiroyuki Ueda, saat peluncuran all new Toyota Yaris Cross, di The Westin, Jakarta, Senin (15/5/2023).

All new Yaris Cross membawa konsep solid dan dynamic, dengan tampilan karakter khas SUV Toyota modern dan kabin kompak yang memaksimalkan volume interior.

Eksteriornya menampilkan voluminous bodi yang berisi dan gagah, dengan garis-garis karakter khas mengekspresikan penampilan solid dan tangguh. Dari depan, siluet tajam bersama dengan grille trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda, mengekspresikan penampilan yang semakin gagah dan berwibawa.

Toyota Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Dengan high rocker panel height mencapai 260 mm. Ditambah overhang depan-belakang sempit dengan approach angle 19º dan departure angle 28º, membuat light off-roader ini sanggup menempuh berbagai kondisi jalan dengan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini