Sukses

Desain Peugeot Django Kena Jiplak Pabrikan Tiongkok

Sudah menjadi rahasia umum jika pabrikan China banyak meniru model sepeda motor dari brand terkenal seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Ducati bahkan BMW. Sekarang giliran pabrikan otomotif asal Perancis, Peugeot yang kena jiplak.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum jika pabrikan China banyak meniru model sepeda motor dari brand terkenal seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Ducati bahkan BMW. Sekarang giliran pabrikan otomotif asal Perancis, Peugeot yang kena jiplak.

Southern Motorcycle menjadi perusahaan yang bertanggung jawab atas produk tiruan. Ia membuat skuter bernama Feigo 150 yang wujudnya terlihat sangat mirip dengan Peugeot Django.

Seperti kita ketahui, Django merupakan sepeda motor berjenis skuter bergaya retro. Menempati ruang yang sama dengan beberapa model Vespa. Ditandai dengan panel bodi elegan, jarak sumbu roda panjang, dan desain unik. 

Kemiripan Feigo dengan Django tampak jelas. Di bagian depan terdapat lampu depan bersudut dengan penerangan LED. Tameng mengembung dengan lampu sein terpisah juga terlihat identik.

Hanya saja unit tiruan menggunakan teknologi LED. Tengahnya juga dibuat mirip. Kalau model skuter Perancis terdapat logo besar yang dikelilingi cover bentuk V-Shape tebal. Sementara si penjiplak lebih tipis meski wujudnya mirip.

Tarikan garis bodi dibuat identik. Sepatbor besar dan lebar, bagian tengah dengan dek rata, panel bodi samping hingga belakang cukup mirip.

Begitu pula desain jok dengan model terpisah. Dilapisi material premium buat menunjang kemewahan. Tak lupa pula pegangan di buntut dengan model terbelah.

Sementara bagian belakang dibuat berbeda. Boleh dibilang produk tiruan lebih modern dan canggih. Terdapat lampu dengan bentuk minimalis.

Stoplamp berbentuk persegi panjang tegak dan bawahnya diisi lampu sein horizontal. Sinarnya dihasilkan dari lampu LED.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa dan Harga

Di atas semua itu, Southern Motorcycle memasukkan segala macam teknologi yang tampaknya sedikit berlebihan untuk skuternya. Misalnya, Feigo 150 mendapatkan sistem tanpa kunci (Keyless), serta handgrip dengan pemanas.

Tak sampai situ, pabrikan bahkan memasukkan tombol sistem start-stop, kontrol traksi, dan pemantauan GPS real time.

Kemudian mereka memberikan fitur konektivitas dengan aplikasi resmi yang dapat menghidupkan motor melalui smartphone dan memantau lokasinya.

Dibekali mesin 150 cc satu silinder berpendingin cairan dan sudah berpengabut injeksi. Memiliki output maksimal 10 kW atau 13,5 Hp, dan nilai torsi maksimal hingga 13,5 Nm.

Pengemudi tidak perlu khawatir dengan jangkauannya, karena Feigo 150 hadir dengan dua tangki, satu di depan, satu di belakang. Menawarkan volume tangki hingga 12 liter. Dan menurut catatan pabrik bisa menempuh perjalanan sampai 400 km.

Skuter bergaya retro ini mengandalkan pelek aluminium cor dan ban tubeless 120/70-12. Pihak pabrikan menyebutkan Feigo 150 memiliki tinggi jok 740 mm. Dan sudah gunakan cakram di depan maupun belakang serta telah dibekali ABS. 

Feigo 150 tersedia dalam warna Flygo Grey, Bay Blue, Cola Red, Starry Sky Blue-Silver, Brilliant White dan Rock Beach White. Buat harganya sekira 14.980 yuan atau setara dengan Rp31 jutaan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini