Sukses

Hankook Bakal Perkenalkan Teknologi Ban Kendaraan Listrik di Formula E Jakarta 2023

Hankook Tire turut mendukung komitmen pemerintah untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Hankook Tire turut mendukung komitmen pemerintah untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih, menjelang pergelaran ABB FIA Formula E di Jakarta pada Juni mendatang, Hankook Tire siap menggencarkan pemasaran ban mobil listrik di Indonesia.

Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia menjelaskan, bahwa pihaknya telah terpilih menjadi mitra teknis dan pemasok ban resmi untuk kejuaraan balap mobil listrik dunia ABB FIA Formula E 2023 yang akan diselenggarakan sebanyak 16 seri.

"Melalui lini ban iON, Hankook Tire mendukung para pembalap untuk menunjukkan performa terbaiknya saat berada di lintasan. Kerja sama ini merupakan komitmen kami dalam menghadirkan produk ramah lingkungan dengan tetap mengutamakan standar keselamatan berkendara,” ujar Yoonsoo.

Hankook iON, ban yang digunakan dalam kejuaraan tersebut memiliki dimensi depan 255/40 R18 dan dimensi belakang 315/ 40 R18. Ban ini dapat digunakan baik dalam kondisi kering maupun basah yang dapat membantu menghemat sumber daya.

Selain itu, ban ini memiliki memiliki rolling resistance dan daya cengkeram yang baik, kebisingan yang rendah, serta kinerja yang tahan lama.

Hankook iON dibuat secara khusus menggunakan bio-based material, natural oil dalam proporsi tinggi, dan karet yang berkelanjutan (sustainable rubber). Kemudian seluruh ban akan didaur ulang kembali setelah balapan melalui proses pirolisis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasok ban

Pirolisis merupakan metode kimiawi untuk mendaur ulang ban bekas pada suhu tinggi dalam kondisi bebas oksigen. Metode ini menghasilkan komponen akhir berupa minyak pirolisis, kabel baja, karbon hitam, dan silika. Untuk itu, hasil daur ulang tersebut dapat digunakan kembali sebagai bahan baku.

Hankook Tire memiliki target untuk menduduki jajaran ban kendaraan listrik terbaik pada masa depan. Saat ini, perusahaan telah meluncurkan iON evo SUV khusus untuk musim panas dan iON evo AS untuk segala cuaca. Keduanya dirancang khusus untuk kendaraan listrik.

Di sisi lain, Hankook Tire telah berhasil menjadi pemasok ban Original Equipment (OE) beberapa produsen mobil listrik premium global, seperti BMW i4, Audi Q4 e-tron, Hyundai IONIQ 6, Toyota bZ4X, and Škoda Enyaq iV.

Perusahan juga menargetkan lini iON evo SUV dan iON evo AS untuk menguasai pasar ban pengganti (Replacement Tires).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.