Sukses

Ada Mobil Balap Listrik Mejeng di IIMS 2023, Telah Menang Berbagai Kompetisi

Mobil balap listrik karya mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (PNB) dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dipamerkan di IIMS 2023.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas telah berhasil merakit mobil balap listrik. Karya-karya mereka pun ditampilkan di pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023.

Konsep mobil listrik ini sendiri merupakan mobil balap formula yang dikhususkan untuk berbagai jenis kompetisi otomotif. Selain untuk memenangkan perlombaan, kegiatan merakit mobil listrik ini juga dilakukan sebagai pembelajaran untuk riset dan pengembangan otomotif lokal.

Mobil-mobil listrik yang dipajang ini telah mengikuti berbagai perlombaan tingkat kampus maupun nasional. Sebagai contoh, ada Blue Warrior dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dan P-ELCAR (Polban Electric Car) milik Politeknik Negeri Bandung (PNB). Kedua mobil ini merupakan mobil balap listrik yang telah memenangkan berbagai macam prestasi.

Saat ini tim PNJ dan PNB sedang mengembangkan mobil-mobil listrik mereka untuk target kejuaraan berikutnya. Salah satu kompetensi yang ingin diikuti kedua kampus ini adalah Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) yang diselenggarakan di PNB.

"Kami membangun mobil ini itu untuk mengikuti kompetisi KMLI dan event-event kompetisi lain seperti dari perlombaan balap dari JIEXPO," ucap Imam, perwakilan tim PNB di Kemayoran, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Proses yang ditempuh untuk membangun mobil listrik ini pun cukup panjang. Imam menjelaskan bahwa proses pembuatan mobil mereka dapat mencapai 3-4 bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mempersiapkan Blue Warrior Generasi ke-3

Di sisi lain, tim PNJ juga sedang mempersiapkan Blue Warrior Generasi ke-3 untuk mengikuti kompetisi KMLI. Perwakilan dari tim PNJ, Ali menyatakan tim mereka telah siap untuk mengikuti kompetisi ini.

"Kalau dari proses yang pertama kita, ada perancangan, penghitungan RAB, setelah itu kita baru buat proposal untuk mencari dana, saat sudah terkumpul baru eksekusi," ungkap Ali.

Untuk ajang KMLI belum ada informasi jelas tentang tanggal pelaksanaanya. Namun, menurut kabar yang beredar setelah dibatalkan pada 2022 karena pandemi Covid-19, kompetisi ini akan hadir kembali pada 2023.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.