Sukses

Nissan Garap Mobil MPV Baru Pakai Basis Renault Triber

Nissan berencana membuat mobil MPV (Multi Purpose vehicle) baru pada 2023 dengan menggunakan model Renault Triber sebagai basisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nissan dikabarkan akan membuat mobil MPV (Multi Purpose vehicle) baru pada 2023. Rancangan mobil baru ini juga disebut-sebut akan menggunakan model Renault Triber sebagai basisnya.

Mobil Renault Triber dirilis pada 2019 yang menjadi versi terjangkau dari saudaranya Renault Lodgy. Sejak diperkenalkan, Renault Triber dapat dibilang mobil yang cukup unik.

Mobil dengan panjang 4 meter ini memiliki kapasitas tujuh tempat duduk dengan dua kursi yang dapat dilepas di baris ketiga. Dengan fitur tersebut, memungkinkan mobil ini untuk memiliki ruang bagasi yang lebih luas.

Namun, karena Triber memang dibuat dengan harga yang cukup terjangkau, mobil ini tidak terlalu kaya akan fitur. Meskipun begitu, MPV ini tetap memiliki fitur-fitur standar seperti, head unit layar sentuh berukuran 8 inci, ventilasi AC untuk kursi baris kedua dan ketiga, dan kluster berbasis digital.

Selain itu, juga terdapat fitur-fitur keselamatan, seperti empat air bag, ESP, kontrol traksi, dan monitor tekanan ban. Untuk dapur pacunya, mobil ini memiliki mesin yang dapat menghasilkan 72PS dan 96Nm, dengan gearbox manual lima kecepatan.

Ingin mengadopsi Renault Triber, tentunya Nissan akan memberikan desain eksterior yang berbeda untuk membedakan identitasnya. Dilansir dari cardekho, mobil ini akan didasarkan pada versi facelift dari Triber yang akan segera rilis.

Sebagai referensi, Renault Triber akan diperbarui dengan fitur pencahayaan LED, sistem infotainmen digital, dan mesin bensin turbo 100 PS. Dengan begitu, dapat diperkirakan Triber versi Nissan akan menawarkan powertrain dan fitur-fitur yang kurang lebih sama.

Untuk saat ini, Renault dan Nissan belum menetapkan waktu rilis produk baru yang disiapkan untuk pasar India ini. Bahkan Triber versi Nissan tersebut berkemungkinan baru rilis di pertengahan 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsep Mobil Listrik Nissan Max-Out

Nissan terus mengembangkan line-up kendaraan elektrifikasi, salah satunya dengan memperkenalkan konsep Max-Out. Model ini, merupakan kendaraan listrik berbentuk kabriolet dengan dua tempat duduk.

Disitat dari Arena EV, Senin (6/2/2023), konsep Max-Out diperkenalkan selama acara Nissan Futures di kantor pusatnya di Yokohama, Jepang. Sebelumnya, konsep mobil futuristik ini sudah diperkenalkan pada 2021 dalam format digital.

Konsep Nissan Max-Out ini mengambil estetika cyberpunk, dan terliaht seperti sesuatu yang langsung dari film Tron. Rodanya memiliki LED, dengan pola lampu yang berbeda-beada, serta setir yang menyala dan disertai dasbor mengambang.

Nissan belum membocorkan spesifikasi konsep ini, namun sebelumnya pabrikan asal Negeri Matahari terbit ini mengatakan akan fokus dengan penanganan yang lincah dan respon kemudi yang baik dari sebuah mobil.

Nissan Max-Out ini, adalah bagian dari rangkaian konsep perusahaan yang mencakup Chill-Out (crossover kecil), Surf-Out (pikap satu kabin) dan Hang-Out (hatchback penggerak semua roda).

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.