Sukses

Kolaborasi Honda dan GS Yuasa untuk Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, Honda, terus melakukan kerja sama untuk menyongsong era elektrifikasi. Kini, jenama asal Jepang tersebut turut berkolaborasi dengan GS Yuasa sebagai produsen accu untuk memproduksi baterai bagi mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, Honda, terus melakukan kerja sama untuk menyongsong era elektrifikasi. Kini, jenama asal Jepang tersebut turut berkolaborasi dengan GS Yuasa sebagai produsen accu untuk memproduksi baterai bagi mobil listrik.

Meski Honda dan GS Yuasa baru akan mendirikan perusahaan patungan tersebut pada akhir tahun 2023 mendatang, namun mereka telah sepakat untuk menyatukan visi dan misi dalam memproduksi baterai mobil listrik lithium dan lithiun-ion berkapasitas tinggi.

Adapun beberapa hal yang menjadi bahasan dari kolaborasi kedua perusahaan tersebut, mereka telah membaginya menjadi empat poin penting, antara lain:

  • Penelitian dan pengembangan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi dengan output tinggi, terutama untuk penggunaan EV, dan metode produksi yang diperlukan
  • Pendirian dan pengelolaan kekayaan intelektual termasuk paten yang terkait dengan penelitian dan pengembangan bersama
  • Merencanakan produk yang memanfaatkan teknologi hasil penelitian dan pengembangan bersama, dan merencanakan saluran penjualan yang dibutuhkan
  • Merancang operasi produksi yang efisien termasuk rantai pasokan untuk bahan baku utama

Dalam keterangan resminya, Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer of Honda Motor Co., Ltd, menjelaskan persekutuan tersebut juga untuk mewujudkan netralitas karbon di mana produk Honda pada 2050 tidak lagi mengandalkan mesin konvensional.

"Honda berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan yang melibatkan Honda pada tahun 2050. Honda dan GS Yuasa telah bekerja sama dalam baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik hybrid (HEV), dan kolaborasi baru ini akan semakin mempercepat strategi elektrifikasi Honda menuju pencapaian tujuan netralitas karbon kami," jelas Toshihiro Mibe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejalan dengan Visi dan Misi GS Yuasa

Di samping itu, terkait kerja sama tersebut, Presiden dan Direktur Perwakilan GS Yuasa International Ltd, Osamu Murao, juga memberikan komentar bahwa melalui kolaborasi tersebut akan memberikan kontribusi yang lebih baik untuk era elektrifikasi masa depan.

"Melalui kolaborasi baru dengan Honda ini, kami akan berkontribusi pada penyebaran kendaraan listrik lebih lanjut, menawarkan kenyamanan dan ketenangan pikiran yang lebih baik kepada pelanggan di seluruh dunia dan berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mewujudkan netralitas karbon," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.