Sukses

5 Langkah Tepat Mengecas Aki Mobil Kesayangan, Jangan Salah Urutan

Setiap kendaraan bermotor membutuhkan aki yang sehat agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, menyalakan mesin membutuhkan daya listrik ke sistem starter.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kendaraan bermotor membutuhkan aki yang sehat agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, menyalakan mesin membutuhkan daya listrik ke sistem starter.

Kondisi aki yang ‘tekor’ akan membuat mobil susah dinyalakan. Begitu juga dengan lampu, power windows dan bahkan, alarm juga bisa berpengaruh pada kondisi keseluruhan aki.

Dengan demikian, menjaga kondisi aki menjadi salah satu hal penting dalam merawat mobil. Salah satunya adalah pengertian cara mengecas peranti tersebut, supaya aki mobil tetap prima.

Berikut langkah-langkah cara cas aki mobil, disitat dari situs daihatsu.co.id:

1.   Melepas aki

Proses pertama adalah untuk melepas aki mobil. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan saat proses pengecasan, baik untuk mobil maupun orang yang mengoperasikannya.

Pasalnya pada saat aki mobil di cas, air aki di dalamnya akan mendidih dan memproduksi banyak gelembung udara. Air aki ini sangat berbahaya bagi bodi mobil, bahkan akan menimbulkan rasa gatal jika terkena kulit manusia.

2.   Membuka tutup

Setelah aki mobil dikeluarkan, langkah selanjutnya adalah untuk membuka tutup ventilasi aki. Hal ini bertujuan untuk memeriksa tingkat ketinggian air aki sudah cukup sebelum melakukan pengecasan.

Aki mobil idealnya diisi hingga sisa 1/3 bagian atas ketinggian air. Pasalnya pengecasan aki akan membuat elemen dalam aki mengembang, sehingga dapat memengaruhi volume air aki.

Setelah pengecasan selesai, buka kembali tutup ventilasi air aki. Tujuannya adalah agar tekanan gas di dalam bisa keluar, mengurangi potensi terjadinya ledakan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3.   Memasang kabel

Seusai membuka ventilasi dan menambahkan air, tahapan selanjutnya adalah pemasangan kabel charger dengan benar dan sesuai urutan. Lebih tepatnya mulai dari kabel positif, kemudian kabel negatif. Perlu dipastikan posisi kabel sesuai dan terjepit dengan kuat. 

4.   Hidupkan charger dan atur posisi

Proses berikutnya menghidupkan alat charger. Setelah itu saklar-saklar charger perlu diatur pada posisi yang tepat. Secara keseluruhan ada 3 saklar untuk mengecas aki, yakni saklar arus pengisian, lalu saklar atur tegangan dan saklar mengatur waktu pengisian.

5.   Tunggu hingga selesai

Apabila posisi saklar sudah tepat dan charger sudah menyala, pemilik mobil cukup menunggu hingga proses pengecasan selesai. Waktu pengecasan cukup beragam, tergantung pada jenis aki yang digunakan.

Bagi pemilik yang masih ragu untuk melakukan pengecasan aki mobil, tidak ada salahnya mengunjungi bengkel atau diler terdekat untuk mendapatkan bantuan dari teknisi profesional.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.