Sukses

Ini Masalah Teknis yang Sering Ditangani Mekanik Auto2000 di Posko Siaga Toyota

Eko Budi selaku PIC Posko Siaga Toyota KM57 dari Auto2000 Lippo Cikarang menyebutkan, banyak kendaraan yang mengalami masalah dan meminta bantuan untuk perbaikan di Posko Siaga Toyota gara-gara mobilnya bermasalah karena macet panjang

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat perkotaan mulai bergerak ke luar daerah untuk menjalankan misi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Volume kendaraan yang melintasi berbagai jalanan termasuk jalan tol pun menunjukkan grafik peningkatan.

Kemacetan pun mulai terjadi di sejumlah titik. Kondisi seperti ini tentunya menjadi momok bagi pengguna mobil pribadi. Tidak sedikit kendaraan yang mengalami kendala akibat kemacetan panjang.

Seperti yang disampaikan Eko Budi selaku PIC Posko Siaga Toyota KM57 dari Auto2000 Lippo Cikarang kepada Liputan6.com. Ia menyebutkan, banyak kendaraan yang mengalami masalah dan meminta bantuan untuk perbaikan di Posko Siaga Toyota gara-gara mobilnya bermasalah karena macet panjang.

"Masalah yang biasa dialami mobil pelanggan adalah karena panas atau overheating karena macet-macetan. Penyebabnya bisa beberapa hal bisa dari kebocoran air atau motor fan mati," katanya saat ditemui di Rest Area Km 57, Cikampek, Jawa Barat, baru-baru ini.

Dirinya menyebutkan, untuk masalah-masalah seperti ini dapat diatasi. Namun apabila kondisinya parah dan membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka disarankan untuk dibawa ke bengkel resmi Toyota terdekat.

"Kalau ada kasus serius, misal mobil harus overhaul tidak bisa ditangani di sini (Posko Siaga). Paling kami sarankan di bawa ke bengkel terdekat," kata Eko.

Sayangnya, Toyota tidak menyediakan mobil towing. "Paling bisa pakai mobil towing dari tol untuk minta bantu antarkan ke bengkel Toyota terdekat," imbuhnya.

Lebih lanjut Eko menyebutkan, suku cadang yang tersedia di Posko Siaga sifatnya terbatas. "Kami hanya siapkan spare part yang sifatnya emergency dan fast moving. Itu ready untuk beberapa tipe Toyota yang APM jual," tuturnya.

Sekadar informasi, Auto2000 sebagai jaringan dealer Toyota membuka posko dan bengkel siaga di beberapa titik mulai 23 Desember 2022 sampai 6 Januari 2023.

Setidaknya ada tiga Posko Siaga Toyota yang beroperasi 24 jam non-stop, yakni di Rest Area Km 57 Cikampek, Probolinggo Rest Area Utama Raya, dan Puncak Raya Hotel, Cisarua.

Di Posko Siaga terdapat 3 teknisi, 1 foreman atau service advisor, 1 penanggung jawab posko siaga, dan 1 penanggung jawab prokes COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Menikmati Fasilitas Secara Gratis

Untuk diketahui, Posko Siaga Toyota di Rest Area Km 57 Cikampek berdiri di atas bangunan dua lantai. Di sini pelanggan Toyota bisa melakukan servis kendaraannya, maupun menikmati fasilitas yang disediakan untuk sekadar beristirahat.

Eko memastikan, semua pengguna mobil Toyota diperbolehkan menikmati layanan ini. "Semua (konsumen Toyota) boleh datang dan menikmati fasilitas di sini karena memang Posko Siaga ini disiapkan untuk konsumen Toyota.

"Jadi tidak mesti servis, mau istirahat pun bisa, sambil pijat juga bisa karena kami siapkan kursi pijat. Pokoknya kami bikin ini buat kenyamanan pelanggan Toyota selama masa mudik liburan," tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan, berbagai fasilitas disediakan untuk memanjakan konsumen. "Kami siapkan kids zone, untuk entertainment-nya kami siapkan PS console, lalu ada makanan ringan dan minuman. Semuanya gratis," jelas Eko.

Lantai dua, kata Eko, dikhususkan untuk pelanggan. Sementara di bawah untuk pengecekan kendaraan yang sifatnya hal-hal umum, seperti tekanan angin ban, lampu-lampu.

"Kalau pelanggan ingin perbaikan tambahan, misal ganti oli, itu bisa kami layani di sini," tutup Eko.

Auto2000 juga menawarkan beragam promo di posko siaga, berupa diskon jasa 20 persen, free check-up, gratis cairan wiper, dan free oli 1 liter untuk SBE (Service Berkala Eksternal) dan ganti oli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini