Sukses

Suzuki Jimny 5 Pintu Adopsi Mesin Ertiga, Siap Meluncur Tahun Depan

Suzuki Jimny versi 5 pintu beberapa kali tertangkap kamera tengah uji jalan dengan berbalut kamuflase. Kabar terbaru, mobil tersebut sudah mendekati akhir pengembangan dan siap diluncurkan pada tahun depan

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Jimny versi 5 pintu beberapa kali tertangkap kamera tengah uji jalan dengan berbalut kamuflase. Kabar terbaru, mobil tersebut sudah mendekati akhir pengembangan dan siap diluncurkan pada tahun depan.

Dari segi tampilan, versi terbaru ini sekilas nampak mirip dengan Jimny 3 pintu yang menjadi basisnya. Suzuki Jimny 5 pintu pada dasarnya adalah tipe 3 pintu dengan ukuran wheelbase lebih panjang dan mempunyai sepasang pintu belakang.

Hal yang sama juga terpantau pada interiornya. Berdasarkan beberapa spyshot yang tersebar, kabin Jimny 5 pintu tidak terlihat ada perbedaan signifikan dibandingkan Suzuki Jimny standar. Kecuali adanya tambahan baris kedua.

Kini tersebar lagi informasi baru terkait spesifikasi untuk Suzuki Jimny 5 pintu. Mengutip autocarindia.com, Senin (12/12/2022), Jimny 5-door dikabarkan akan menggunakan mesin yang sama dengn Suzuki Ertiga.

Lebih tepatnya mesin K15B 1.500cc yang menghasilkan tenaga 102 hp dan torsi puncak 130 Nm. Yang berbeda, model 5 pintu akan mendapatkan tambahan sistem Mild Hybrid untuk meningkatkan efisiensi dan kehematan konsumsi bahan bakar.

Sementara Jimny 3 pintu yang dijual saat ini masih mengandalkan mesin K15B yang sama, namun kemungkinan tidak mendapatkan sistem Mild Hybrid seperti Jimny 5 pintu. Kedua mobil ini tersedia dengan pilihan transmisi manual 5 speed atau girboks otomatis 4 percepatan.

Penggunaan mesin yang sama dengan Ertiga terbilang menarik. Padahal Suzuki sudah mengandalkan mesin K15C Dualjet yang lebih baru di beberapa modelnya di India. Sebagai contoh adalah Grand Vitara dan XL6 facelift paling anyar.

Sementara penggunaan transmisi matic 6 percepatan baru juga tidak diimplementasikan untuk Jimny 5 pintu. Kendati lebih segar, secara spesifikasi keduanya relatif sama. Mesin K15C dengan Mild Hybrid menyemburkan tenaga 103 PS dengan torsi sekitar 137 Nm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzuki Day 2022 Dihadiri Ribuan Orang dan Beragam Mobil

Ribuan pengguna mobil Suzuki berkumpul merayakan Jambore Suzuki Club 2022 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Jakarta, pada Sabtu (10/12/2022). Tercatat, acara bertajuk 'Suzuki Day - Urban Picnic' dihadiri 3.000 orang dan lebih dari 1.500 mobil Suzuki berbagai model dan generasi.

Disebutkan, dalam penyelenggaraan Jambore ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggandeng 14 club resmi dan komunitas rescue yang berada di bawah naungan Suzuki. Klub mobil tersebut di antaranya Suzuki SX4 Club Indonesia (SXCI), Indonesia APV Club (IAC), Suzuki Esteem Club Indonesia (SECI), Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI), Baleno Club Indonesia (BCI) , Indonesia Grand Vitara (IDGV), Indonesia Ignis Community (IGNITY) Suzuki Jip Indonesia (SJI), Swift Club Indonesia (SCI) Ertiga Club Indonesia ( ERCI), Karimun Club Indonesia (KCI) Ertiga Mania Indonesia ( ERMAN), Aerio Indonesia Club ( AIC), Suzuki Carry Club Indonesia ( SCCI), dan Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC).

Enam+02:01VIDEO: Teknologi Persimpangan Cerdas Bisa Peringatkan Potensi Bahaya Perbesar Ertiga Club Indonesia turut meramaikan Suzuki Day 2022. (Septian/Liputan6.com)Suzuki Day 2022 sendiri terbagi dalam tiga (3) aktivitas utama, yaitu Smart Gathering, Social Movement dan Commercial Activities. Gelaran Jambore inipun berhasil menarik antusiasme pengunjung dan menciptakan kekompakan antar club dan pengguna mobil berlogo 'S' tersebut.

"Melalui acara ini, Suzuki sangat mengapresiasi setiap anggota club serta pelanggan setia di seluruh wilayah Indonesia yang terus memberikan dukungan baik terhadap Suzuki. Semoga kekompakan ini bisa terus terjalin dan club Suzuki di Indonesia semakin bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Sementara itu, Imam Rachmadi selaku Sekretaris Panitia Jambore Suzuki Club 2022 menyampaikan, pihaknya sangat bersemangat membuat Jambore kembali untuk menunjukan solidaritas para pengguna Suzuki. Selain itu pihaknya juga ingin melakukan aktivitas sosial yang bermanfaat di dalamnya, agar manfaat dari Jambore tidak hanya dirasakan oleh pengunjung yang hadir tetapi juga orang lain setelah ini.

"Beragam ide dan kreatifitas kami padukan sehingga memperkaya kegiatan dan penampilan di acara Jambore Suzuki Club 2022 ini," kata Imam.

Dalam aktivitas Smart Gathering, pengunjung dapat merasakan ajang berkumpul yang lebih bermanfaat dan menambah pengalaman berharga melalui berbagai kegiatan menarik seperti Eco-Driving Education, Car Contest, Fashion Week Parade, Kids Playground, Food Bazaar, Music & Entertainment serta Fun Games.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.